Sistem Operasi Mobile

LG Electronics Pilih Microsoft Windows

VIVAnews - Di saat sejumlah produsen smartphone coba mendiversifikasikan platform software mereka dengan membuat ponsel berbasis Google Android, LG Electronics, salah satu produsen ponsel terbesar ambil sikap berbeda. Ke depannya, produsen asal Korea itu akan tetap menggunakan sistem operasi Microsoft Windows Mobile. Meski tidak menutup kemungkinan membuat ponsel berbasis Android, sebagian besar produk LG akan berbasis Windows.

Salah satu pasal dalam perjanjian dengan Microsoft, tidak hanya akan membuat Windows sebagai sistem operasi utama bagi smartphone buatannya, tetapi LG juga berjanji akan meningkatkan jumlah ponsel Windows di jajaran produk yang akan beredar. 

“Ponsel LG terbaru akan memanfaatkan seluruh kelebihan fitur yang ada pada Windows,” kata Yong Nam, Vice Chairman and Chief Executive Officer, LG Electronics, seperti VIVAnews kutip dari Xbitlabs 20 Februari 2009. “Platform Windows akan menghadirkan fleksibilitas dan software yang mudah digunakan untuk menghubungkan penggunanya ke internet ataupun ke PC. Dengan demikian, ponsel akan memiliki kemampuan yang luas untuk mengatasi berbagai kebutuhan di tiap segmen pasar,” ucap Nam.

Dengan keputusan LG itu, diperkirakan sampai 2012 mendatang, LG akan merilis hingga 26 buah smartphone terkini dengan Windows Mobile. Secara keseluruhan, kesepakatan itu membuat LG menghasilkan lebih dari 50 smartphone berbasis Windows Mobile. Adapun Memorandum of Understanding antara kedua perusahaan itu sendiri ditandatangani 3 November lalu.

Microsoft dan LG memang saling membutuhkan untuk meningkatkan market share mereka di bidang produk mobile. Menurut perusahaan riset Gartner, LG tidak masuk ke 5 besar produsen smartphone, sementara platform Microsoft Windows Mobile hanya memiliki 11.1 persen pangsa pasar. Jauh di bawah sistem operasi milik Symbian atau Research in Motion. Bahkan sedikit di bawah market share OS X yang memperkuat iPhone milik Apple.

Sebagai bagian dari perjanjian, kedua perusahaan membuat tim gabungan untuk riset dan pengembangan. Fokusnya adalah membuat ponsel dengan fitur yang bertenaga yang khusus dibuat memanfaatkan hardware dan software yang dimiliki masing-masing perusahaan. Selain itu LG dan Microsoft juga akan melakukan kampanye marketing secara bersama-sama untuk memperluas jangkauan pasar terhadap ponsel mereka ke seluruh dunia.

Viral di Media Sosial Tawuran Brutal Antar Pelajar, 3 Pelaku Terancam Hukuman Penjara 10 Tahun
Ilustrasi pengendara sepeda motor

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Baru-baru ini terjadi di media sosial, sebuah video di media sosial memperlihatkan pengendara motor menabrak sebuah mobil pikap hingga terjungkal.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024