Forum Ekonomi Islam Sedunia

Bank Pembangunan Islam Diajak Danai Defisit

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengundang Islamic Development Bank (IDB)  ikut dalam pembiayaan defisit anggaran Indonesia. Undangan ini disampaikan Yudhoyono saat membuka acara 5Th World Islamic Economi Forum di Jakarta, Senin, 2 Maret 2009.

Yudhoyono mengatakan Indonesia bergerak cepat dalam mengatasi krisis. Salah satunya dengan memperketat regulasi perbankan dan menggunakan paket stimulus fiskal 1,4 persen dari GDP dengan defisit APBN 2,5 persen PDB.

Untuk menutupi defisit, Indonesia mengusahakan beberapa sumber pembiayaan, salah satunya dengan bilateral swap agreement dan melalui ASEAN plus 3. "Kita juga mengundang IDB untuk pendanaan ini," kata Presiden.

ASEAN Plus 3, kata Yudhoyono, telah meningkatkan pendanaan dari US$ 80 miliar menjadi US$ 120 miliar. Yudhoyono menyebutkan jika negara muslim memiliki muslim fund sendiri, maka akan ada banyak yang bisa dilakukan untuk menghadapi krisis.

Untuk itu, Yudhoyono mengajak agar negara-negara muslim bisa bersatu. "Kita perlu khawatir terhadap krisis tapi tidak dengan putus harapan. Seperti dikatakan Allah SWT, di dalam kesulitan ada yang memudahkan. Inilah yang dikatakan pula oleh Nabi Muhammad SAW, bahwa kita bisa mengatasi kesulitan terbesar hanya jika kita tidak berhenti," katanya.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024