Gunakan Pita Hitam

Karyawan UOB Buana Kecewa pada Manajemen

VIVAnews - Seluruh karyawan PT Bank UOB Buana Tbk. seluruh Indonesia akan menggunakan pita hitam sebagai simbol kekecewaan pada manajemen mereka.

"Aksi simpatik ini akan dilakukan serentak pada 10 - 12 Maret 2009 untuk menarik simpati costumer dan masyarakat," kata Wakil Ketua Umum Bidang Advokasi Organisasi Serikat Pekerja Indonesia (OPSI) Timboel Siregar kepada VIVAnews melalui sambungan telepon di Jakarta, Senin, 2 Maret 2009.

OPSI merupakan afiliasi Serikat Pekerja Karyawan PT Bank UOB Buana.

Timboel menjelaskan aksi ini merupakan hasil rapat konsolidasi akbar yang dilakukan serikat pekerja dan dihadiri 400 orang karyawan pada 27 Februari lalu. Sebanyak 5 ribu karyawan seluruh Indonesia akan menggelar aksi secara serentak.

"Seluruh karyawan menggelar rapat akbar ini akibat kekecewaan yang terakumulasi karena manajemen sudah sejak lama menyalahi perjanjian kontrak bersama (PKB) yang disepakati secara bipartit," kata Timboel.

Di antaranya, dia menjelaskan, pertama, tidak ada tanda-tanda perundingan terkait kenaikan gaji yang dijanjikan dalam perjanjian yang menyebutkan akan dilakukan pada Maret 2009. "Sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan ada kenaikan gaji," katanya. Hal serupa juga terjadi pada pemberian bonus.

Kedua, terkait pengangkatan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap. Padahal dalam perjanjian disebutkan karyawan kontrak yang sudah 3 tahun akan diangkat, tapi masih banyak karyawan yang lebih dari 3 tahun tidak juga diangkat. "Ini sudah menyalahi pasal 59 UU No 13 tentang Ketenagakerjaan."

Ketiga, tentang lembaga dana pensiun yang telah dibubarkan, namun tidak ada kejelasan manajemen memberikan saldo pensiun mereka. "Padahal itu kan hak karyawan, mereka bayar angsuran," ujarnya.

Timboel menjelaskan selama ini serikat pekerja sudah melakukan upaya persuasif ke manajemen, namun tidak pernah ditanggapi. "Misalnya soal dana pensiun sejak semester tiga tahun lalu sudah mulai bermasalah, tapi manajemen tidak peduli," ujarnya.

Selain itu, kata Timboel, banyak pekerja outsourcing yang dibayar di bawah UMP. "Misalnya di Jakarta, masih banyak yang dibayar Rp 700 ribuan," ujarnya.

Shin Tae-yong: Percaya dan Ikuti Saya, Kita Akan ke Final
Fuji

Disebut Hard Gumay Bakal Berjodoh dengan Mayor Teddy, Fuji: Aneh Banget Sumpah!

Hard Gumay turun tangan untuk membuat ramalan terkait urusan asmara adik ipar Vanessa Angel tersebut. Konon, Fuji diprediksi bakal menjadi pasangan hidupnya Mayor Teddy.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024