Evakuasi Lion Air Belum Juga Selesai

VIVAnews - Proses evakuasi pesawat Lion Air di Bandara Soekarno-Hatta ternyata belum juga selesai. Hingga pukul 13.45 WIB, proses evakuasi penarikan pesawat dari landas pacu selatan itu masih berlangsung.

"Masih berjalan. Tidak ada target kapan selesai, yang penting lebih cepat lebih baik," kata Kepala Administrator Bandara Soekarno-Hatta, Edward A Silooy, kepada VIVAnews melalui telepon, Selasa, 10 Maret 2009.

Petugas terus berupaya untuk menarik pesawat dengan nomor penerbangan JT-793 yang tergelincir Minggu (9/3) sekitar pukul 15.45 WIB itu. Evakuasi pesawat yang mengangkut 168 penumpang itu sempat memperlambat 60 jadwal penerbangan dan 22 pendaratan pesawat lainnya. Pesawat nahas itu tergelincir di landas pacu selatan. Alhasil, Bandara Soekarno-Hatta hanya dapat menggunakan satu landasan saja yakni di sebelah utara.

Sebelumnya, menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Heri Bakti, proses evakuasi ditargetkan selesai pagi ini. Rencananya, tim evakuasi akan melepas ban belakang dan mengganjal dengan bantalan udara.

Roda belakang pesawat yang patah menyebabkan tubuh pesawat menyentuh tanah. Hal inilah yang membuat pesawat sulit dievakuasi dan ditarik ke landasan. Rencananya, setelah diganjal dengan bantalan udara, bagian belakang pesawat akan menggunakan dolly atau roda tambahan. Cara ini dinilai dapat memudahkan penarikan pesawat ke runway.

Cara Hapus Jejak Digital, Cocok buat yang Suka Buka Situs Berbahaya
Pakar Hukum Internasional, Hikmahanto Juwana

Menlu Retno Disarankan Segera Kontak Iran Agar Tidak Serang Balik Israel

Guru Besar Hukum Internasional (UI) Hikmahanto Juwana menyarankan agar Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi segera menghubungi Menlu Iran.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024