Lihainya Ibu Kapolsek Menyamar

VIVAnews - Jiwa detektifnya tak terbendung saat dihadapkan pada kasus kejahatan. Berkat kelihaiannya pula , Theresia Mastail, 45, berhasil membongkar klinik aborsi yang telah beroperasi selama 10 tahun -seribuan janin diduga terkubur di klinik itu. 

Semua dilakukannya melalui penyamaran berbahaya nan menegangkan. “Saya itu menyelidik, menyamar, dan menangkap sendiri,” kata wanita yang kini menjabat sebagai Kepala Kepolisian Sektor Johar Baru itu kepada VIVAnews, akhir pekan lalu.

Di sebuah pagi, Kamis dua pekan lalu, Komisaris Polisi itu mondar-mandir di sekitar klinik dr Abdullah di Jalan Percetakan Negara II, Johar Baru, Jakarta Pusat. Mengenakan daster dan mengganjal perut dengan kain tipis, ia menanti pagar klinik dibuka.

Menanti lama, ia akhirnya berakting muntah. Suara muntahan itu mungkin yang memicu petugas klinik keluar dan mempersilakannya masuk. “Sudah berapa usia kandungan Ibu?” tanya si petugas. “Dua bulan,” jawab Theresia yang mengaku bernama Siti Juleha.

Ia kemudian dibawa ke meja administrasi. Ia diminta membayar uang pendaftaran sebesar Rp 100 ribu. "Saya ditanya KTP dan SIM, tapi saya bilang tidak punya," ujarnya.

Selanjutnya, Theresia dibawa ke ruang Ultra Sonografi (USG) untuk pemeriksaan kandungan. Saat tengah asyik berbincang, muncul Hj Atun, 35, pemilik klinik. Atun panik karena mengenal Theresia. Atun pun langsung kabur ke lantai atas.

Melihat kondisi itu, Theresia sigap. Ia meraih telepon genggamnya dan memerintahkan anak buahnya untuk merapat ke klinik. Sejumlah penghuni termasuk dokter yang hendak kabur lewat genteng pun langsung disergap polisi yang sudah siaga. “Tak sia-sia penyamaran saya. Semua terbongkar,” ujarnya.

Menyamar saat mengungkap kasus bukan kali pertama dilakukan Theresia. Ia juga terlibat dalam pengungkapan kasus narkoba Bali Nine tahun 2005, dan sejumlah kasus besar lain. Di kalangan kepolisian, ia bahkan dikenal sebagai spesialis penyamar. “Saya pernah menyamar jadi pemulung, tukang cuci, tukang sate, sampai menjadi pekerja seks komersial.”

Melakukan penyamaran dan pengintaian sangat menyita waktu. Tak heran jika waktu ibu tiga anak ini lebih banyak diabdikan untuk tugas kepolisian daripada keluarga. “Saya ingin memberi contoh kalau atasan bukan hanya sekedar memberi perintah saja, tapi terjun bersama anak buahnya," ujar mantan Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Metro Jaya itu.

Meski sering tampil garang, Theresia adalah wanita yang penuh kelembutan. Anak buahnya bahkan sering memanggilnya dengan sebutan Bunda ketimbang komandan.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?
Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024