Fasilitas Publik

Ketika Taman Kota Jadi Rumah Gelandangan

VIVAnews - Sejumlah taman kota mulai berubah fungsi. Ruang terbuka hijau itu menjadi area bermukim para gelandangan. Seperti yang dialami Taman Manggarai.

Rabu 8 April 2009, keindahan taman di depan Stasiun KA Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan, itu hilang. Kondisinya kumuh. Pagar taman dipenuhi jemuran baju. Kardus dan koran alas tidur juga berserakan di rerumputan yang tak lagi hijau.

Juhaeri, 33, warga yang bermukim di dekat taman, berharap pemerintah segera melakukan penertiban sebelum jumlah tuna wisma yang bermukim bertambah banyak. "Soalnya kalau semakin banyak akan semakin susah ditertibkan," ujarnya.

Warga resah dengan keberadaan para penyandang masalah kesejahteraan sosial itu di taman. Mereka ingin taman dikembalikan fungsinya sebagai ruang terbuka hijau. Lagipula, keberadaan para tuna wisma juga menyalahi Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Kepala Seksi Operasi Satpol PP Jakarta Selatan, Bambang Budi Wibowo, mengatakan, belum mendapat laporan atas kondisi tersebut. "Kami akan koordinasikan dengan anggota di wilayah," kata dia.

Tak hanya Taman Manggarai, sejumlah taman kota seperti di kawasan Blok M, Pasar Minggu, Kebayoran Lama, dan Lebak Bulus juga dialihfungsikan untuk bermukim. Taman seolah diburu para tuna wisma untuk tempat tinggal.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024