Flu Babi

Sudah Satu Minggu Pedagang Babi Sepi Pembeli

VIVAnews - Merebaknya virus flu babi, berdampak pada pedagang daging babi di Kota Kambi. Sejak seminggu terakhir, jumlah pembeli makin menurun. Akibatnya banyak padagang yang rugi karena daging babi tidak laku terjual.

Atek, warga Jambi keturunan cina yang merupakan salah seorang pejual daging babi di Pasar Hongkong, kawasan Jelutung, Kota Jambi menyebutkan, pembeli daging babi di pasar yang umumnya dipenuhi oleh warga jambi keturunan cina tersebut, merosot tajam.

Padahal, sebelumnya Atek mampu menjual habis setengah ekor babi atau sekitar 15 hingga 17 kilogram daging babi setiap hari. Namun beberapa hari ini, dia hanya mampu menghabiskan satu paha atau hanya sekitar 5 kilogram saja.

“Sepi benar sekarang, banyak langganan yang tidak lagi membeli, katanya takut diserang virus flu babi," ujar Atek.

Akibat menurunya daya beli, membuat sebagian pedagang daging Babi di Pasar hongkong memilih menutup  usaha dagangnya. Sebab jika terus menjual daging babi, dikwatirkan kerugian pedagang akan bertambah.

Berbeda dengan Asiang, salah seorang penyantap daging babi. Meski berita merebaknya virus flu babi sudah menakutkan banyak orang, namun Asiang tetap mengkonsumusi daging babi setiap hari.

"Buat apa takut, khan belum masuk ke negara kita, jadi saya tetap membeli daging babi, karena daging babi bagi saya sudah menjadi kebutuhan setiap hari," kata Asiang. Menurut Asiang, setiap hari dirinya mengaku mengkonsumsi daging babi sebanyak dua kilogram.

Untuk Kota Jambi, selain di Pasar Hongkong, penjual daging babi juga dapat ditemukan di Pasar Angso Duo dan Pasar Talang Banjar. Harga satu kilogram daging babi dijual sekitar Rp.25.000 hingga Rp.30.000.

Sementara, Dinas Peternakan Kota Jambi mencatat jumlah populasi babi yang ada di Kota Jambi, tercatat sebanyak 2.300 ekor.

Jumlah tersebut tersebar di empat peternakan besar di Kota Jambi, yakni, di Kelurahan Legok, 1.200 ekor, Kelurahan Sijenjang 500 ekor, Kelurahan Selincah 550 ekor dan Kelurahan Mayang 50 ekor.

Laporan: Kasparman Piliang | Jambi (antv)

Mau Beli Innova Zenix Hybrid, Segini Pajak Tahunannya
Babe Cabita

Haru, Video Anak Babe Cabita Ungkap Rasa Bangganya ke Sang Ayah

Zulfati Indraloka atau akrab disapa Fati, istri dari almarhum Babe Cabita mengunggah video mengharukan ke Instagram pribadinya baru-baru ini. Ia mengunggah video anaknya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024