Peringkat Majalah Forbes

Jumlah Orang Kaya Berkurang

VIVAnews - Krisis keuangan global telah mengurangi jumlah orang kaya di dunia. Bahkan, dalam setahun terakhir, nilai kekayaan mereka yang masih masuk dalam daftar miliuner versi majalah Forbes menyusut akibat krisis yang tengah melanda dunia.

Keji! Siswi 15 Tahun di Lampung Disetubuhi Kakek dan Ayah Kandung Hingga Kondisinya Mengenaskan

Menurut majalah Forbes seperti dikutip Wall Street Journal, Rabu 11 Maret 2009, tahun ini dunia memiliki 793 miliuner. Jumlah tersebut menurun 30 persen dari tahun lalu, sekaligus merupakan penurunan pertama sejak 2003.

Nilai kekayaan bersih total orang-orang yang masuk ke dalam daftar orang kaya versi majalah Forbes jatuh 46 persen menjadi US$ 2,4 triliun. Kekayaan orang-orang kaya sekarang rata-rata memiliki nilai US$ 3 miliar, turun 23 persen dari tahun 2008.

Walaupun merugi US$ 18 miliar tahun lalu, penemu perusahaan piranti lunak terkemuka Microsoft Corp., Bill Gates tercatat sebagai orang terkaya di dunia untuk tahun 2009, dengan nilai kekayaan bersih US$ 40 miliar.

Di peringkat kedua daftar orang kaya, terdapat nama Warren Buffett dengan nilai kekayaan US$ 37 miliar. Dia kehilangan US$ 25 miliar tahun lalu setelah nilai saham perusahaannya, Berkshire Hathaway Inc., anjlok hampir sepertiga.

Bos telekomunikasi Meksiko, Carlos Slim Helu berada di urutan ketiga, dan Direktur Eksekutif Oracle Corp., Larry Ellison, berada di peringkat keempat.

Di peringkat ke-17 ada walikota New York, Amerika Serikat (AS), Michael Bloomberg. Bloomberg menjadi satu-satunya orang di dua puluh besar yang kekayaan bersihnya meningkat selama tahun lalu. Bloomberg, yang berpenghasilan US$ 1 per tahun sebagai walikota, mendapat keuntungan dari perusahaannya, Bloomberg LP.

Dia juga membeli 20 persen saham di perusahaannya dari Merrill Lynch yang kekurangan dana tunai pada Juli dengan harga US$ 4,5 miliar. Selain warga AS, sebanyak 32 warga Rusia juga masuk dalam daftar orang kaya dunia. Jumlah itu turun dua pertiga dari tahun 2008.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten
Juru bicara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Brigadir Jenderal Ramezan Sharif

Brigjen Sharif Tuding Israel Berbohong Pembangkit Listriknya Rusak Usai Serangan Iran

Media Zionis yang melaporkan bahwa gedung pembangkit listrik tenaga nuklir Dimona di Israel rusak di wilayah pendudukan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024