Status Siaga Tiga Gunung Api di Indonesia

VIVAnews - Sampai dengan tanggal 17 Maret 2009, tiga gunung api masih di dinyatakan dalam status Siaga (level III) oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi.

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Seperti yang dilansir bnpb.go.id Ketiga gunung api tersebut adalah Gunung Semeru di Lumajang dan Malang (Jawa Timur), Gunung Karangetang di Sitaro (Sulawesi Utara) dan Gunung Ibu di Halmahera Barat (Maluku Utara).  

Rekomendasi masyarakat antisipasi bencana

- Masyarakat di sekitar Gunung Api Semeru, Gunung Api Karagetang dan Gunung Api Ibu agar tetap tenang dan tidak mempercayai isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan selalu mengikuti arahan yang diberikan oleh Satlak dan Satkorlak PB setempat
   
- Masyarakat di sekitar G. Semeru tidak melakukan aktifitas di wilayah sejauh 4 km di seputar lereng Tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif G. Semeru sebagai alur luncuran awan panas, tidak mendekati Puncak Mahameru dan melakukan pendakian yang melebihi wilayah Kalimanti.
   
- Bagi pesawat yang akan melintasi wilayah G. Semeru agar berhati-hati terhadap dampak abu letusan.
Masyarakat di sekitar G. Api Ibu serta pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati G. Api Ibu dalam radius 2 km.
   
- Masyarakat sekitar G. Karangetang tidak diperbolehkan menaiki melebihi ketinggian 500 m dari permukaan laut.
   
- Jika terjadi hujan abu cukup deras, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut dikarenakan abu vulkanik yang terhirup dapat mengganggu saluran pernafasan.

- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi selalu berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satkorlak PB setempat untuk memantau perkembangan kegiatan gunung api tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 2 Bandara Soetta

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

Kementerian Perhubungan, mendapatkan fakta terkait dengan pergerakan penumpang dalam periode angkutan mudik Lebaran 2024. Pemudik menumpuk di H-4, H-3 lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024