Kontroversi Bonus Besar Asuransi AIG

Jaksa New York Incar 100 Eksekutif di Inggris

VIVAnews - Jaksa Agung negara bagian New York, Amerika Serikat (AS), Andrew Cuomo, kini memburu 100 eksekutif perusahaan asuransi American International Group (AIG) di kantor cabang London, Inggris.

Mereka diduga menerima bonus, total sebesar US$ 85 juta, dan belum ada tanda-tanda apakah mereka akan mengembalikan bonus itu. Namun dua eksekutif AIG di London dikabarkan telah mengembalikan bonus mereka secara sukarela.

Sementara itu pejabat kantor pusat AIG di Mayfair, London menyatakan bahwa kantor mereka sedang berada dalam penyelidikan petugas pengawas transaksi keuangan terkait perdagangan credit default swaps (proteksi kerugian bagi para pemegang obligasi) kontroversial.

Cuomo mengatakan ia sangat yakin dengan dugaan mengenai bonus eksekutif AIG Inggris itu. "Namun saya belum menemukan jalan untuk memaksa mereka mengembalikan bonus itu," kata dia di New York seperti dimuat harian Daily News, Selasa 24 Maret 2009.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Sejumlah sumber dalam Kejaksaan Agung mengatakan Cuomo dapat menggunakan wewenangnya untuk menangkal eksekutif Inggris memasuki AS.

Sebelumnya, Cuomo telah berhasil memaksa beberapa eksekutif AIG di AS mengembalikan bonus sejumlah total US$ 30 juta.

Dana US$ 30 juta yang telah dikembalikan berasal dari 15 dari 20 penerima bonus terbesar di AIG. Cuomo berharap para eksekutif maupun pegawai bisa mencontoh rekan-rekan mereka.

AIG selama ini mendapat kecaman keras dari publik Amerika, termasuk Presiden Barack Obama, karena sempat-sempatnya memberi bonus dengan nilai total mencapai US$ 165 juta kepada 400 pegawai unit produk finansial mereka. Padahal AIG sedang dibelit krisis keuangan sehingga mendapat kucuran dana talangan dari pemerintah hingga melebihi US$ 170 miliar.

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024