Kapolda : Polisi Harusnya Tak Antikritik

VIVAnews -- Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat Inspektur Jenderal Mathius Salempang mengatakan kepolisian seharusnya tidak anti alergi dengan kritik.

Mathius mengemukakan pendapatnya itu saat bersilaturrahmi dengan Pengurus Pusat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia dan perwakilan International Federation Jurnalis (IFJ) pada Senin, 6 April 2009.
 
“Pers memiliki fungsi sebagai kontrol sosial dan sistem pendukung yang mendukung kinerja kepolisian dalam bekerja,” kata Mathius di ruang kerjanya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar. 
 
“Nanti masyarakat pembaca yang akan menilai kontennya. Karena segala sesuatu dikendalikan dari nurani masing-masing. Baik polisi, pembaca maupun pers. Untuk apa ribut-ribut."

Matheus mengatakan siap berkomunikasi dengan dunia pers. Termasuk tidak alergi jika terdapat pemberitaan yang kurang proporsional. Sebab, dia menggunakan azas praduga tak bersalah, termasuk menggunakan hak kalau merasa dirugikan.
 
Sebaliknya, lanjut Mathius, wartawan yang berbuat kriminal dan tidak terkait dengan pemberitaan, harus diproses secara hukum yang berlaku.
 
Ketua Umum AJI Indonesia Nezar Patria mengemukakan, salut dengan komitmen Kapolda Sulsel. Menurutnya, setiap orang berhak memberi kritik. Tapi yang diberi kritik, kata Nezar, juga harus siap menerimanya. “Tentu saja ini penting. Apalagi seorang pejabat publik. Krititkan itu harus dijadikan alat instrospeksi diri untuk menjadi lebih baik,“  katanya.

Tim Penasehat Hukum International federation Journalism (IFJ) Jim Nolan juga berpendapat sama dengan Nezar. Menjurut Jim, seharusnya, seluruh pejabat publik dan institusi yang berhubungan langsung dengan kepentingan umum bersikap seperti Matheus.


Laporan: Rahmat Zenena | Makassar

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024