Tanggul Situ Cipondoh Amblas, Warga Panik

VIVAnews - Tanggul Situ Cipondoh di Kota Tangerang, Banten amblas. Jika tak segera diperbaiki bukan mustahil bencana Situ Gintung akan terulang di Cipondoh.

Tanggul amblas dengan kedalaman sekitar 2,5 meter dan diameter sekitar 50 sentimeter pada sisi ruas jalan utama Hasyim Asari. "Kondisi ini terjadi akibat kikisan air Situ Cipondoh," kata Maulana Hasanuddin, warga setempat, Senin 13 April 2009.

Warga panik dengan kondisi tersebut. Mereka mendesak pemerintah segera memperbaikinya. Sebab, selama puluhan tahun tinggal di dekat situ, mereka tak pernah melihat ada perbaikan dan perawatan tanggul. "Kami takut tanggul akan jebol," kata Husen, tetangga Maulana.

Sejumlah pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang memang mulai sibuk melakukan perbaikan. Tapi, perbaikan yang dilakukan hanya bersifat sementara. Mereka hanya menambal tanggul dengan karung pasir dan papan.

Camat Cipondoh, Syachrudin, mengatakan, kondisi taman air memang sangat mengkhawatirkan. Banyaknya bangunan liar mengakibatkan penyempitan situ. Endapan lumpur juga mengakibatkan pendangkalan. "Selama ini tak pernah ada pengerukan," ujarnya.

Amblasnya tanggul Situ Cipondoh mengakibatkan lalu lintas di sekitarnya terganggu. Terjadi penyempitan jalan di Jalan Hasyim Asari. Pita dilarang melintas pun membuat warga dan pengunjung situ tak bisa mendekat ke lokasi. "Warga memang tak boleh mendekat dulu untuk mengurangi beban tanggul," ujar Syachrudin.

Viral! Oknum Polisi Diduga Aniaya Istrinya, Ini Kata Polda Sumatera Utara

Laporan: Nurhayati Khavifa|ANTV

Marc Marquez

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Pembalap Gresining Racing, Marc Marquez kehilangan kesempatan naik podium pada MotoGP Amerika 2024 di Sirkuit Austin, Texas, Minggu 14 April 2024. Federal Oil percaya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024