Dradjad Soal Pemilu 2009

Jika DPT Beres, Arus Modal Asing Bakal Masuk



VIVAnews - Ekonom Partai Amanat Nasional, Dradjad Wibowo mengungkapkan arus modal asing akan berlomba masuk jika masalah dugaan kecurangan pemilu bisa dituntaskan secara hukum.

"Jika masalah daftar pemilu tetap (DPT) bisa diselesaikan secara damai, maka risiko politik di Indonesia dianggap sangat bagus," ujar Dradjad kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa, 14 April 2009.

Dradjad menekankan penyelesaian pelanggaran pemilu dan masalah DPT harus diselesaikan melalui jalur hukum, yakni lewat Mahkamah Konstitusi. "Jika ini bisa dibereskan, maka demokrasi di Indonesia dianggap sebagai plus, bukan minus seperti di Thailand."

Jika investor melihat masalah ini bisa dibereskan secara damai, investor akan melihat positif demokrasi di Indonesia. "Arus modal masuk bakal meningkat," ujarnya.

Sedangkan, ekonom Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan meyakini pelanggaran pemilu memang terjadi. Namun, menurut dia, kendati diselesaikan, pelanggaran pemilu atau masalah DPT tidak akan banyak mengubah peta politik hasil pemilu. "Ya, paling hasilnya tidak akan jauh beda."

Dia menilai penyelenggaraan pemilu yang berlangsung aman telah dinilai positif oleh investor. Buktinya, indeks harga saham gabungan, nilai tukar rupiah dan obligasi Indonesia sama-sama menguat setelah pemilu digelar.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

KPU RI menilai gugatan kubu Ganjar-Mahfud yang menyinggung soal penyalahgunaan kekuasaan Presiden RI Jokowi salah sasaran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024