Oknum Caleg Nakal Ubah Perolehan Suara

VIVAnews - Ulah iseng oknum yang dengan sengaja merubah angka sebenarnya yang tertera dalam papan informasi, mengakibatkan hasil rekapitulasi suara calon legislator di KPUD Subang mengalami perubahan drastis.

Pantauan VIVAnews, perolehan suara calon legislatif dari PAN, Ade Firdaus mengalami peningkatan 100% dari suara sebenarnya. Dalam papan informasi perolehan suara caleg nomor urut 2 dari PAN, dengan Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jawa-barat itu, meraih 8.640 suara. Jumlah tersebut berbeda dengan yang tertera dalan berita acara KPUD, yakni mendapatkan 4.040 suara.

Adanya penambahan perolehan suara itu berasal dari aksi oknum tertentu dengan menambahkan sejumlah angka di belakang angka perolehan semestinya. Akibatnya masyarakat umum, termasuk wartawan terkecoh dengan angka itu.

Aksi “penggelembungan” suara itu diketahui berawal dari salah seorang dekat Primus Yustisio, Suherlan membaca berita VIVAnews seputar lima besar perolehan suara DPR RI di Kabupaten Subang. Suherlan terkejut saat melihat perolehan Ade Firdaus yang tidak sesuai dengan perolehan di berita acara yang dimiliknya.

Setelah dilakukan kroscek di kantor KPUD, di Jalan Mayjen Soetoyo Subang, sekitar pukul 21.30 WIB, adanya penambahan suara tersebut terungkap. Ada 11 Kecamatan yang angkanya dilakukan penambahan oleh orang yang tidak bertanggung-jawab. Dengan begitu, perolehan suara Ade Firdaus dari 4.040 suara menjadi 8.640 suara.

"Yang jadi pertanyaan adalah, siapa yang merubah angka itu? Apa tidak ada yang menjaganya kok sampai bisa lolos seperti itu," tegas Suherlan.

Kedatangan Suherlan Cs di gedung KPUD sempat terjadi adu mulut dengan pegawai KPUD yang sedang piket. Untuk meredam gejolak lebih jauh, pihak KPUD menurunkan informasi rekapitulasi perolehan suara tersebut dan diganti dengan berita acara KPUD.

Seperti diberitakan sebelumnya, data yang diperoleh VIVAnews di Gedung KPUD perpukul 15.00 WIB, perolehan suara Ade Firdaus sebanyak 8.640 suara. Dengan begitu, mengacu dari berita acara KPUD, maka perolehan suara Ade Firdaus yang dilaporkan ke KPUD Provinsi adalah 4.040 suara.

Laporan: Inin Nastain | Subang

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024