2010, Intel Sediakan Adapter WiMax 2,3 G

VIVAnews - Makin dekatnya penerapan teknologi WiMax di Indonesia, bak gayung bersambut dengan kebijakan perusahaan prosesor komputer, Intel, yang memang merupakan salah satu perusahaan pendukung teknologi ini.

Namun, Intel Indonesia mengaku belum memiliki teknologi adapter WiMax yang cocok dengan standar WiMax Indonesia. Pasalnya, di Indonesia, WiMax digelar pada frekuensinya 2,3 GHz.

"Sejauh ini teknoologi WiMax Intel baru support frekuensi 2,5 GHz," kata Country Manager Intel Bayu Wahyu Jati, kepada sejumlah wartawan usai penandatangan kerjasama Intel dan KNIU di gedung Depdiknas, Jakarta, Jumat 24 April 2009.

Teknologi WiMax dengan frekuensi 2,3 GHz, menurut Budi, roadmap-nya baru akan dirilis tahun depan. "Jadi, kemungkinan, pada tahun yang sama baru akan dipasarkan di Indonesia."

Sebenarnya, kata Budi, teknologi Intel sudah siap. Intel juga sudah bekerja sama dengan original design manufacturer (ODM) untuk menyediakan adapter-adapetr WiMax Intel di berbagai produk notebook.

Namun, karena standar milik Intel berbeda, perlu waktu untuk melakukan penyesuaian dengan frekuensi yang digunakan. Standar 2,3 GHz yang dipilih Indonesia juga sama dengan standar frekuensi WiMax Thailand dan Vietnam.

Pada jaringan nirkabel, Intel sejauh ini baru memiliki Intel WiFi Link 5100 mini-PCIe adapter dengan kode nama Shirley Peak 1×2, yang mendukung kecepatan sampai dengan 300 Mbps (Rx) dan 150 Mbps (Tx).

Ada pula Intel WiMAX/WiFi Link 5350 mini-PCIe adapter dengan codename Echo Peak-P yang mendukung WiMAX dan Wi-Fi dengan kecepatan sampai 450 Mbps.

Selain itu, Intel WiMAX/WiFi Link 5150 mini-PCIe adapter dengan code name Echo Peak-V, yang mendukung WiMAX dan WiFi berkecepatan 300 Mbps (Rx) dan 150 Mbps (Tx).

Dari sisi konektivitas jaringan, platform ini sudah mendukung teknologi nirkabel WiMAX (802.16) serta teknologi gigabit ethernet untuk koneksi lewat kabel.

Untuk masalah grafis, platform ini juga mendukung standar HDMI, DVI, dan juga VGA untuk fleksibilitas interface grafis.

Selain itu pengembangan lainnya juga terjadi di sistem memori yang sudah mendukung standar DDR3 yang memiliki kecepatan clock lebih tinggi.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House
Ilustrasi sepeda motor Vespa

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Sepeda motor Vespa memiliki sejarah panjang dan menarik. Lahir di Pontedera pada tahun 1946, Vespa didirikan oleh Enrico Piaggio. Dibuat sebagai solusi transportasi yang

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024