Pemilu 2009

Partai Aceh Kuasai Kursi DPR Aceh

VIVAnews - Hasil rapat pleno Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh perolehan suara, Partai Aceh dipastikan akan mengisi 34 kursi di DPR Aceh. Namun KIP belum mengumumkan hasil final.

Rekapitulasi suara KPI yang diterima VIVAnews, Selasa 28 April 2009 menyebutkan di daerah pemilihan 1 yang meliputi Banda Aceh, Sabang dan Aceh Besar, Partai Aceh memperoleh tiga kursi, diikuti Demokrat dua kursi, disusul Golkar, PAN, PKS, dan Partai Daulat Aceh, masing-masing satu kursi.

Sementara, di daerah pemilihan 2 yang meliputi Pidie dan Pidie Jaya, Partai Aceh memborong enam kursi, diikuti Demokrat dan Golkar, masing masing satu kursi.

Di Aceh Jaya, Aceh Barat dan Nagan Raya yang masuk dalam daerah pemilihan 3, partai Aceh mendapatkan tiga kursi, disusul Demokrat, PPP, PAN, PKS, satu kursi.

Sedangkan untuk daerah pemilihan 4 yang meliputi Bireun, Aceh Tengah dan Bener Meriah, KIP belum melakukan rekapitulasi suara, karena adanya dugaan pengelembungan suara di Kabupaten Bener Meriah.

Di Lhokseumawe dan Aceh Utara, Partai Aceh mendapatkan tujuh kursi, disusul partai Demokrat 2 kursi, Partai Golkar,PDI Perjuangan, dan PKS masing-masing satu kursi.

Untuk Aceh Barat Daya, Aceh Selatan dan Simeulue, juga partai Aceh mendapatkan tiga kursi, kemudian Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, PPP dan PAN juga mendapatkan satu kursi.

Sementara untuk kabupaten Aceh Singkil Aceh Tenggara, Gayo Lues, dan Kota Subulussalam yang masuk dalam daerah pemiliha 7, KIP belum melakukan perhitungan suara. Hingga kini KIP masih melakukan rapat Pleno perhitungan rekapitulasi suara di Gedung DPR Aceh.

Laporan: Muhammad Reza | Banda Aceh

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi
Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sikap politik PDIP yang saat ini ditunggu-tunggu, apakah memilih menjadi oposisi dari pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, atau ikut masuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024