Century Targetkan DPK Rp 1,7 Triliun

VIVAnews - Bank Century menargetkan selama 2009, dana pihak ketiga (DPK) bisa mencapai Rp 1,7 triliun. Untuk menarik deposan, bank menetapkan suku bunga sebesar 10 persen hingga 11 persen.

"Itu bunga sama dengan pasar," kata Direktur Bank Century Ahmad Fajar di Jakarta, Rabu 29 April 2009.

Menurutnya, besaran bunga itu di atas yang ditetapkan LPS sebesar 7,75 persen, namun dana nasabah akan tetap dijamin LPS sebagai pemilik Bank Century.

Sementara dari sisi pertumbuhan dana sejak Januari mengalami peningkatan. Jika diasumsikan tiap bulan mencapai Rp 200 miliar, maka target DPK akan bisa tercapai. Apalagi setiap bulan DPK mengalami kenaikan, yakni Rp 50 miliar, Rp 145 miliar, Rp 201 miliar, dan Rp199 miliar, dari Januari hingga April. "Jika diasumsikan Rp 200 miliar per bulan, kita peroleh Rp 2 triliun. Jadi target Rp 1,7 triliun wajar," katanya.

Ke depan, Bank Century akan fokus di segmen ritel dan konsumer, namun juga menyasar nasabah korporasi dan BUMN. BankĀ  juga meningkatkan transaksi pendanaan seperti dari ATM konvensional akan diubah menjadi ATM Bersama, meningkatkan transaksi remintance untuk mendukung transfer ke negara yang dituju TKI seperti Hongkong, Dubai, Arab, Malaysia.

Sementara target NPL bisa ditekan 6 persen hingga 2009 dari posisi April 2009 sebesar 10,39 persen. Untuk mencapai hal itu, Tim Pengelolaan Aset Bank Century melakukan restrukturisasi aset yang bermasalah.

Bank Century juga melakukan penyaluran ekspansi kredit baru. Dengan pendanaan yang bertambah, maka rasio NPL bisa turun. "NPL kita targetnya 2009 sebesar 6 persen, untuk menjadi bank sehat," katanya.

Pemberian kredit baru sendiri ditargetkan bisa mencapai Rp 1,2 triliun. Pemberian kredit itu akan dilakukan kepada nasabah di sektor perdagangan seperti di Tanah Abang, Mangga Dua, Pasar Atom Surabaya. Namun tak menutup kemungkinan akan turut serta dalam pemberian kredit sindikasi.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus
Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari

Ernando Ari Jago Banget, Timnas Indonesia Butuh Naturalisasi Kiper Inter Milan?

Penampilan kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari menuai pujian saat menghadapi Timnas Australia di penyisihan Grup A Piala Asia U-23, Kamis 18 April 2024..

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024