Dugaan Manipulasi Pemilih Jawa Timur

PDIP-Gerindra Ajak Partai Lain Bertemu

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Pramono Anung, menyatakan dugaan manipulasi Daftar Pemilih Tetap di Jawa Timur akan ditindaklanjuti dengan pertemuan lintas partai. Senin 23 Maret 2009 ini, beberapa pimpinan partai termasuk PDIP akan bertemu.

"Para tokoh akan bertemu pada hari Senin," kata Pramono usai menemani pertemuan Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya, Prabowo Subianto, dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu 18 Maret 2009.

"Ini bukan hanya persoalan Gerindra dan PDIP, ini persoalan bangsa dan negara. Saat ini kami sedang melakukan tabulasi dan yang terbukti memiliki nomor induk keluarga yang sama tidak hanya terjadi di Sampang dan Bangkalan yang jumlahnya mencapai 25-27 persen," kata Pramono. "Jika itu dibiarkan, pola yang sama akan terjadi di daerah yang lain."

Jelas, penggelembungan DPT ini kejahatan politik. Maka itu, Pramono menuntut, selain parpol harus diberikan hard copy dan soft copy DPT tadi, manipulasi juga harus dihilangkan. "Yang penting pemilu harus luber dan jurdil," katanya.

Megawati pada siang tadi bertemu Herman Suryadi. Dalam pertemuan itu, Herman memberikan beberapa data dugaan manipulasi Daftar Pemilih Tetap di Sampang dan Bangkalan, Jawa Timur, kepada Megawati. Ternyata data yang dimiliki Herman membuat PDI Perjuangan semakin yakin akan adanya kesengajaan untuk memanipulasi daftar pemilih di Jawa Timur karena sebelumnya PDIP menemukan ada penyimpangan serupa di Pacitan, Jawa Timur.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan
Xiaomi SU7

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Permintaan untuk mobil sedan listrik Xiaomi SU7, jauh lebih tinggi dari yang diprediksi oleh perusahaan. Hal ini diungkapkan oleh Chief Executive Officer Xiaomi, Lei Jun.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024