Mari: Pemilu Tingkatkan Bisnis Pariwisata

VIVAnews - Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menguraikan korelasi unik antara pemilu, pariwisata, dan kerajinan.

Pemilu yang sudah memasuki masa kampanye dikatakan Mari, akan meningkatkan pemasukan sektor perhotelan. "Waktu kunjungan ke Cirebon pekan lalu, saya cek okupansi hotel di sana naik banyak," katanya usai pembukaan pameran Gelar Produk Kerajinan Indonesia di Balai Sidang Jakarta, Rabu, 18 Maret 2009.

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Namun, dia menambahkan, tak hanya karena pemilu yang membuat sektor perhotelan bergeliat, melemahnya daya beli masyarakat membuat kalangan menengah ke atas mengurangi plesir ke luar negeri. "Dengan dana terbatas mereka akan lebih memilih pariwisata di dalam negeri," ujarnya.

Mari optimistis, salah satu sektor yang masih tumbuh positif pada tahun ini yakni sektor pariwisata. "Kita harus dorong bersama program pak Jero (Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik) 'Cintai Negerimu, Kunjungi Negerimu'," tutur dia.

Peningkatan pariwisata dalam negeri, kata dia, juga akan berimbas pada sektor peningkatan konsumsi produk kerajinan dan makanan. Sebab, industri kerajinan berjalan seiring dengan sektor pariwisata. "Penciptaan permintaan dalam negeri penting, karena ekspor sedang menurun akibat perlambatan dunia," ujar Mari.

Mari menilai, saat ini yang paling perlu digenjot tak lain adalah pasar domestik. Sebab, nilai ekspor kerajinan di luar furniture berhasil mencapai US$400 juta pada tahun lalu.

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024