189 Situ di Jabodetabek Dalam Kondisi Baik

VIVAnews - Pemerintah mengklaim 189 situ yang terdapat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dalam keadaan baik. Hanya dua dari 189 situ terdaftar merupakan peninggalan Belanda, yakni Situ Gintung di Tangerang, dan Lembang di Menteng, Jakarta Pusat.
 
Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya Air Departemen Pekerjaan Umum Iwan Nursyirwan, Departemen memantau situ yang memiliki kapasitas di atas 500 ribu meter kubik. Kapasitas situ Lembang di Kota, menurutnya, di bawah itu, sehingga masih aman.
 
Iwan mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri PU No. 72 inpeksi dilakukan paling tidak setahun sekali untuk waduk dan bendung.
 
"Memang ada beberapa waduk yang kondisinya rusak, tapi tidak bagi Situ Gintung," kata dia pada konferensi pers di Departemen PU Jakarta 30 Maret 2009. "Inspeksi 2008 itu tidak ada masalah."
 
Iwan mengatakan, Situ Gintung berfungsi hanya sebagai kawasan konservasi dan wisata sehingga tidak ada pintu pembuangan atau spill way. Daya tampung Situ Gintung, menurut dia tidak berubah sejak 1933. "Dari tahun 1933, air tidak pernah naik di atas satu meter," katanya.
 
Dari hasil pemotretan BPPT di depan pintu tanggul yang jebol terdapat perumahan. "Perumahan bukan penyebab utama tetapi melemahkan tanggul," tuturnya.
 
Pada tanggul Situ Gintung, terdapat dua pintu yang tidak dibuka untuk mengaliri dua wilayah irigasi. Saat ini kondisinya mengalami penyempitan dari lima sampai tujuh meter menjadi hanya sekitar satu meter.
 
Iwan menyatakan akibat hujan yang turun selama 5 jam, konsentrasi 1,5 jam hujan di sekitar situ mencapai 162 mm. Intensitas hujan mengguyur menghasilkan 102 meter kubik per detik ada kenaikan air 20 meter.
Seharusnya 12 meter kubik per detik.
 
Rencanya ada dua opsi, yakni mengembalikan ke fungsi semula sebagai situ sungai dan drainase dan membersihkan daerah sekitarnya dari perumahan. "Ini perlu kehendak politik dan sosial yang tinggi." 

Opsi kedua, menurut dia, Situ Gintung tidak akan dibangun lagi tapi sebagai sungai, dengan konsekuensi tanah di sekitarnya tidak boleh diokupasi.

Respons Santai Jokowi Sudah Tak Dianggap Kader PDIP Lagi: Terima Kasih
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2024

Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024, AHY: Saatnya Rekonsiliasi

AHY meminta semua pihak agar legowo dengan keputusan MK.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024