Pengangguran IT Tembus 5 Persen

VIVAnews - Tingkat pengangguran karyawan IT saat ini mencapai yang terburuk selama 5 tahun terakhir. Meski begitu, karyawan IT yang kehilangan pekerjaannya di kuartal pertama tahun ini masih lebih sedikit dibandingkan dengan di kuartal ketiga dan keempat tahun lalu.

Di Amerika Serikat, angka penyerapan tenaga kerja di bidang IT turun 1,3 persen pada kuartal pertama tahun ini. Pemangkasan hampir 49 ribu tenaga kerja membuat pengangguran karyawan IT mencapai 5,2 persen. Angka tersebut merupakan yang terburuk sejak tahun 2004. 

Perusahaan asal Amerika Serikat harus memangkas sekitar 380 ribu karyawan yang bertugas di divisi IT pada 9 bulan terakhir. Itu merupakan penurunan mendadak setelah penyerapan tenaga kerja di bidang IT relatif stabil di paruh pertama 2008, saat resesi dimulai. Dibanding setahun sebelumnya, jumlah tenaga kerja IT turun 7 persen. Data-data di atas merupakan hasil survey bulanan yang dilakukan oleh Bureau of Labor Statistics.

Meski begitu, seperti VIVAnews kutip dari InformationWeek, 4 April 2009, jumlah karyawan IT yang dipecat jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah karyawan yang dipecat di kuartal ketiga dan keempat tahun lalu. Di kuartal keempat 2009, karyawan bidang teknologi berkurang sebanyak 6 persen, dibandingkan dengan pengurangan sebesar 1,3 persen yang terjadi di kuartal pertama. Penurunan jumlah karyawan IT di kuartal ini sendiri sedikit di bawah karyawan yang bertugas di bidang manajemen dan tugas profesional secara keseluruhan yang menurun sebanyak 1,5 persen di tiga bulan pertama 2009.

Secara keseluruhan, tingkat pengangguran bidang profesional dan manajerial mencapai 4,1 persen, meningkat dua kali lipat dibanding masa sebelum resesi. Pengangguran di bidang IT naik lebih tinggi di banding bidang lainnya karena banyak orang yang bergabung sebagai tenaga kerja bidang teknologi. Jumlah tenaga kerja IT sendirim baik yang masih bekekerja dan yang menganggur serta mencari pekerjaan naik sekitar 1 persen. Karyawan juga sering keluar masuk dari pekerjaannya di bidang IT, dan ada kemungkinan bahwa orang melihat prospek bidang IT relatif lebih menjanjikan di masa ekonomi seperti ini.

Survey bulanan yang dilakukan BLS mencakup 8 kategori pekerjaan IT dari seluruh bidang pekerjaan yang ada. Tiga kategori pekerjaan terbesar mengalami penurunan jumlah karyawan seperti software engineer yang turun 5 persen, computer scientist dan system analyst turun 6 persen, dan programmer turun 9 persen. Adapun jumlah manajer IT naik 7 persen. Keempat kategori pekerjaan tersebut mencakup 70 persen pekerjaan di bidang IT.

Siswa SMP Dibacok dan Dibegal Saat Pulang Sekolah Sendirian
Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Mantan Sespri Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Kementan), Merdian Tri Hadi mengatakan bahwa berkas berita acara pemeriksaan (BAP) milik KPK terkait kasus dugaan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024