Pemilu di Luar Negeri

Pemilih di Uni Emirat Arab Mulai Mencontreng

VIVAnews - Kedutaan Besar Indonesia di Uni Emirat Arab (UEA) menyediakan dua tempat pemungutan suara (TPS) yang berlokasi di kompleks kedutaan di Kota Abu Dhabi. Kedua TPS itu siap menyambut kedatangan 700-800 warga Indonesia yang punya hak pilih di Abu Dhabi dan sekitarnya.  

Demikian ungkap Duta Besar Indonesia untuk UEA, Wahid Supriyadi, dalam perbincangan telepon dengan VIVAnews, Kamis 9 April 2009. 

"Panitia mulai membuka waktu pemilihan, Kamis 9 April 2009, pukul delapan pagi waktu setempat atau sekitar pukul 11 WIB," kata Wahid. Dia mengungkapkan bahwa sebagian besar pemilih di UEA cenderung mengirim kertas suara melalui pos ketimbang datang ke KBRI di Abu Dhabi.

"Pasalnya, berbeda dengan Indonesia, hari ini di UEA tidak libur. Warga Indonesia yang menjadi ekspatriat di sini harus tetap bekerja seperti biasa. Oleh sebab itu sebagian besar pemilih mengirim suara mereka melalui pos," kata Wahid.

Mantan Konsul Jenderal Indonesia untuk Melbourne, Australia, itu mengungkapkan bahwa jumlah warga Indonesia yang punya hak pilih di UEA sebanyak 3.800 orang. "Namun kami perkirakan hanya 700-800 orang yang datang ke KBRI untuk mencontreng," kata Wahid.

Panitia pun memberi waktu yang relatif panjang kepada pemilih di Abu Dhabi agar bisa menggunakan hak pilih mereka setelah pulang kerja. "Maka, panitia memberi waktu hingga pukul enam sore waktu setempat (sekitar pukul 21 WIB) sebelum mereka melakukan penghitungan suara," kata Wahid.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi
Tamara Bleszynski

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Tamara Bleszynski mengungkap anaknya tersebut ditabrak orang tak bertanggung jawab tepat di depan rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024