Pemilu di Luar Negeri

TPS di Melbourne Buka Hingga Malam

VIVAnews - Sebanyak 22 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Melbourne, Australia, dibuka dari pukul 9.30 waktu setempat hingga 7.30 malam.

Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok

Hingga saat ini, sedikitnya dua ribu warga Indonesia yang masuk dalam wilayah kerja KJRI Melbourne, yaitu negara bagian Victoria dan Tasmania, sudah menggunakan hak pilih.

"Kami memang tutup sampai malam agar seluruh masyarakat Indonesia, terutama yang sudah bekerja, bisa menggunakan hak pilih mereka," kata Kepala Bidang Konsuler KJRI Melbourne, Abelian Yodha, saat dihubungi VIVAnews.

Sedangkan untuk mahasiswa tidak ada masalah karena jadwal mereka lebih fleksibel. Hingga siang, para pemilih mahasiswa yang memenuhi TPS. Dalam Daftar Pemilih Tetap KJRI Melbourne, tercatat 11.500 warga Indonesia berhak memilih para anggota legislatif.

Penghitungan kartu suara akan dilakukan setelah TPS tutup pada pukul 7.30 nanti. Untuk kartu suara yang dikirmkan lewat pos, akan dilakukan penghitungan pada 19 April. "Jadi saya harapkan, paling tidak kartu suara sudah masuk semua pada tanggal 18 April," kata Abelian.

Menurut Abelian, suasana pemilihan umum di KJRI Melbourne sangat meriah. "Suasana ramai, rakyat antusias untuk memilih karena ini kan event lima tahunan sekali," lanjut Abelian. Jumlah warga Indonesia yang tersebar di negara bagian Victoria dan Tasmania adalah sekitar 21 ribu orang, sekitar sembilan ribu di antaranya adalah pelajar dan mahasiswa.

Menantu yang Sewa Pembunuh Bayaran Habisi Nyawa Mertua Terancam Hukuman Mati
Striker Persija Jakarta Marco Simic

Dibantu Persija Jakarta, Persib Bandung Pastikan Tiket ke Championship Series

Persib Bandung menjadi tim kedua yang memastikan tiket ke championship series menyusul Borneo FC Samarinda. Yang menarik, ini tak lepas dari bantuan sang rival, Persija.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024