Tujuh TPS di Kupang Laksanakan Pemilu Ulang

VIVAnews - Pemungutan suara ulang dilakukan di  tujuh tempat pemungutan suara di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin 13 April 2009.  Pemilu ulang terpaksa dilakukan karena surat suara tertukar pada saat pemilihan umum Kamis lalu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten Kupang, Hans Ch Louk mengatakan, tujuh TPS yang melakukan pemilu ulang antara lain TPS 1 Desa Rebeka, Kecamatan Amarasi Selatan. "Di TPS ini, terjadi pertukaran surat suara dengan Kota Kupang sehingga pemilih hanya melakukan pemilihan ulang untuk memilih calon anggota DPRD Kabupaten," kata dia ketika dihubungi Seni 13 April 2009. Enam TPS lainnya di Pulau Sabu-Raijua, juga dijadwalkan melakukan pemungutan suara ulang untuk calon DPRD Propinsi.

Menurut Hans, logistik, khususnya surat suara, sudah dikirim menggunakan kapal patroli milik Polisi Perairan NTT.  Dia menambahkan, sebanyak 1.183 lembar surat suara yang dicetak PT Temprina-Surabaya, sudah tiba Minggu malam, dan telah sortir. ”Penyortiran baru selesai dinihari tadi,” lanjutnya.

Sementara itu, pemilu ulang bagi 8 TPS di Kota Kupang, yang dijadwalkan berlangsung hari ini, ternyata dibatalkan dan baru akan dilangsungkan Selasa esok. Sebab,  sebagian besar anggota KPPS masih mengikuti beberapa kegiatan keagamaan seperti baptisan massal disebagian gereja di Kecamatan Alak dan Maulafa, serta pawai Paskah yang dilaksanakan Pemuda Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

"KPUD tidak dapat memaksa kehendak, karena kuatir jangan sampai tak ada warga yang ikut memilih karena mengikuti kegiatan di gereja," kata dia.

Delapan TPS yang akan menggelar pemilu susulan antara lain TPS 7 di Kelurahan Alak, TPS 4 di Kelurahan Nunbaun Sabu, TPS 2, 3, dan 6 di Kelurahan Fatufeto, TPS 2 dan 5 di Kelurahan Batuplat, dan TPS 3 di Kelurahan Fatukoa. Dua kabupaten lain yang akan mengikuti pemilu lanjutan Selasa esok yakni Flores Timur dan Lembata.

Laporan: Jemris Fointuna|Kupang

Deretan Negara Ini Tercatat Dilanda Kelaparan Terburuk Sepanjang Sejarah
Pemain Timnas Indonesia U-23 rayakan gol Komang Teguh

Terpopuler: Timnas Indonesia Bekuk Australia, Rangking FIFA di Atas 8 Negara Eropa

Berita mengenai kemenangan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 menjadi buruan pembaca VIVA Bola sepanjang Kamis 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024