Bukit Asam, Astra&Hexindo Raih Investor Award

VIVANEWS - PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk, PT Astra International Tbk, dan PT Hexindo Adiperkasa Tbk terpilih menjadi tiga perusahaan publik peraih Investor Award 2009 dengan predikat top performing listed companies 2009.

Penghargaan yang diberikan oleh majalah Ekonomi Investor tersebut didasarkan penilaian bahwa ketiga perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia itu memiliki kinerja fundamental terbaik selama tahun 2008, kinerja teknikal yang relatif baik, serta memperoleh apresiasi dari pelaku pasar.

"Emiten yang memperoleh penghargaan kali ini tentunya merupakan perusahaan yang benar-benar memiliki manajemen dan pengelolaan bisnis yang bagus," ujar Publisher Globe Media Tanry Abeng dalam sambutannya di Malam Penganugerahan Investor Award 2009 di Hotel Mid Plaza Intercontinental, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu malam, 29 April 2009.

Tanry mengharapkan penghargaan yang diberikan untuk kali kedelapan dari majalah Investor tersebut suatu saat akan memicu emiten BEI untuk menjadi perusahaan kebanggaan Indonesia yang tidak hanya berjaya di dalam negeri tetapi sampai ke dunia internasional.

Dalam penilaian terhadap emiten BEI, dewan juri yang diketuai Roy Sembel menetapkan 10 persyaratan seleksi awal untuk menyaring emiten yang berhak ikut dalam pemeringkatan. Persyaratan itu diantaranya, ketetapan waktu publikasi laporan keuangan 2008, tidak mendapat opini disclaimer dan adverse dari akuntan public, rugi bersih tahun buku 2008 tidak lebih dari 50 persen dari modal disetor, serta memiliki ekuitas tak kurang darai Rp 30 miliar,

Hasilnya, dari 396 emiten yang dinilai, hanya 118 emiten yang dianggap lolos seleksi dan layak peringkat. Sebanyak 278 emiten gagal dalam proses seleksi awal karena saham tidakĀ  ditransaksikan selama 10 pekan lebih sebanyak 199 emiten dan masalah kelengkapan data dan belum mempublikan laporan keuangan sebanyak 84 emiten.

Ke-118 emiten tersebut kemudian memasuki tahap berikutnya berupa penilaian kinerja fundamental dan teknikal, penilaian angket oleh 84 pelaku pasar modal dan 94 investor individual, proses wawancara, dan terakhir tahap penilaian.

Di samping tiga perusahaan tersebut, Investor Award 2009 juga memberikan penghargaan kepada 12 emiten di 11 sektor usaha. Kedua belas perseroan adalah:

Sektor pertanian: PT Astra Agro Lestari Tbk
Sektor aneka industri: PT Astra International Tbk
Sektor Infrastruktur: PT JAsa Marga Tbk
Sektor perdagangan: PT HExindo Adiperkasa Tbk
Sektor industri dasar dan primer: PT TambangĀ  Batubara Bukit Asam Tbk
Sektor Rokok, farmasi, dan keperluan rumah tangga: PT Unilever Indonesia Tbk
Sektor makanan dan minuman: PT Mayora Indah Tbk
Sektor industri logam dan kabel: PT Jaya Pari Steel Tbk
Sektor perbankan berkapitalisasi lebih dari Rp 2,5 triliun: PT Bank Mandiri Tbk
Sektor perbankan kurang dari Rp 2,5 triliun: PT Bank Capital Indonesia Tbk
Sektor property: PT Wijaya Karya Tbk
Sektor asuransi: PT Panin Insurance Tbk

Investor Award 2009 juga memberikan penghargaan khusus kepada PT Perusahaan Gas Negara Tbk sebagai emiten yang paling banyak dipilih dalam angket para pelaku pasar modal.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!
Pemain Persikabo 1973

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Persikabo 1973 menjadi tim pertama yang terdegradasi dari Liga 1 musim 2023/24. Hal tersebut dipastikan usai Laskar Padjadjaran dihajar Persik Kediri 2-5.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024