Jero Wacik Resmikan Tour de Singkarak

VIVAnews - Pesta kembang api dan sejumlah pagelaran budaya daerah dan pagelaran musik kontemporer aransemen Dwiki Darmawan meriahkan malam pembukaan Tour de Singkarak di GOR H Agus Salim, Padang.

Sejumlah penyanyi papan atas, Andien, Candil, Iis Dahlia, Ita Purnama Sari serta penyanyi lokal Zalmon dan Elly Kasim hibur 5.000 pengunjung dan undangan di malam pembukaan bertajuk Teho Soul of Minangkabau, Rabu malam. Candil dengan suaranya yang khas tampil dengan membawakan tembang lawas milik Queen, By Cycle.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata Jero Wacik mengatakan, bangga dengan digelarnya even olah balap sepeda bertaraf internasional ini. Even olah raga yang dibalut dengan pertunjukkan seni dan budaya mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara.

"Sejak remaja saya ingin menggelar Tour de Singkarak, baru sekarang terlaksana," ujar Jerowacik saat memberikan sambutan. Pihak pariwisata berharap even ini menjadi kalender tahunan balap sepeda bertaraf internasional.

Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi berharap, even ini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Minang. Tahun lalu, tercatat sekitar 1,4 juta wisman memilih berkunjung ke Sumbar dan mencatatkan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sebagai salah satu bandara di Tanah Air yang mengalami peningkatan kedatangan wisman terbesar di Tanah Air.

Adanya even Tour de Singkarak diharapkan mampu mempromosikan wisata Sumbar ke mancanegara sehingga menjadi daerah tujuan wisata di Tanah Air. "Kita berharap dibuka jalur penerbangan Padang--Bali dalam waktu dekat," kata Gamawan.

Tahun ini, Sumbar menargetkan kunjungan wisatawan ke daerah mencapai 1,5 juta orang. Meskipun diselimuti mendung, jalannya acara malam pembukaan Tour de Singkarak tetap diikuti antusias masyarakat dan para undangan.

Malam pembukaan Tour de Singkarak dimulai sekitar pukul 20.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 22.15 WIB. Penutupan acara seni budaya dan pertunjukan musik kontemporer ini ditandai dengan lagu We Are The Champion milik grup band Queen.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Kata Shin Tae-yong Usai Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu

Kehadiran pasangan AMIN saat penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024–2029 dinilai bisa memberi legitimasi hasil Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024