Perdagangan Saham di Asia

Data Ekonomi AS dan Jepang Bangkitkan Indeks

VIVAnews - Indeks harga saham di sejumlah bursa utama Asia menguat di akhir perdagangan Kamis sore, 30 April 2009. Data ekonomi dari pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Jepang memberi sinyal bahwa badai resesi global mulai reda. Indeks harga saham di Taiwan juga naik setelah kesepakatan historis membuka jalan untuk investasi China di Taiwan.

Kenaikan indeks hari ini menutup kerugian pada hari-hari sebelumnya saat saham, terutama saham maskapai penerbangan, jatuh akibat merebaknya flu babi.

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran

Hari ini, saham perusahaan eksportir terangkat oleh data mengenai peningkatan pengeluaran konsumen di AS, sehingga akan menguntungkan negara-negara Asia yang ekonominya tergantung pada tingkat ekspor.

Berita baik lain datang dari bank sentral AS, Federal Reserve. Para pembuat kebijakan The Fed pada akhir pertemuan dua hari kemarin mengatakan, meski ekonomi masih melemah, penurunan itu tampaknya akan melambat dibanding pada pertengahan Maret lalu.

Jepang juga melaporkan bahwa produksi sektor industri Maret lalu naik untuk kali pertama dalam enam bulan terakhir.

Bursa saham Jepang, setelah kemarin libur, hari ini kembali melakukan transaksi. Indeks Nikkei 225 menguat 334,49 poin (3,9 persen) menjadi 8.828,26. Indeks Hang Seng (Hong Kong) naik 341,81 poin (2,3 persen) menjadi 15.298,76. Sedangkan indeks Kospi (Korea Selatan) menguat 2,3 persen menjadi 1.369,36.

Indikator saham di Taiwan mengalami kenaikan paling besar di kawasan, dengan naik 6,7 persen, setelah pemerintah mengizinkan investor dari China untuk melakukan transaksi. Itu adalah kali pertama sejak China dan Taiwan terpisah akibat perang sipil.

Indeks acuan China sedikit naik 0,3 persen. Sedangkan indeks saham di Australia naik 2,3 persen, dan di Singapura menguat 2,2 persen. Harga minyak mentah untuk pengiriman Juni naik menjadi di atas US$ 51 per barel. Kemarin, nilai kontrak menguat US$ 1,05 menjadi US$ 50,97.

Di pasar valuta, nilai tukar dolar AS melemah menjadi 97,33 yen dari 97,49 yen per dolar AS. Nilai tukar euro menguat menjadi US$ 1,3320 dari US$ 1,3268 per euro. (AP)

MIND ID Pastikan Beri Manfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024