Bocah Asal Medan Positif Terjangkit HIV/AIDS

VIVAnews - Penularan virus HIV AIDS dari ibu ke anak terus terjadi. Kamis 30 April 2009 Rumah Sakit Umum (RSU) Pirngadi Medan, kembali menerima seorang bocah perempuan asal Medan yang dinyatakan positif tertular virus HIV AIDS.

Korban Ade Raihani Fitria (6) warga jalan Wahid Hasyim Medan, hanya bisa meringis dalam pelukan kakeknya saat mendapatkan perawatan tim medis di ruang infeksi RSU Pirngadi Jalan HM Yamin Medan. Pihak keluarga mengaku kedua orang tua sang bocah meninggal dunia akibat penyakit yang sama.

Saat ini kondisi Ade Raihani terus memburuk, bahkan berat badan korban hanya 15 kilogram jauh di bawah standard anak seusianya. Sang kakek yang merawat korban sejak kedua orangtuanya meninggal, mengatakan gejala gejala HIV AIDS mulai terlihat pada tubuh Fitria sejak lahir.

"Sejak lahir dia memang kerap sakit dan jarang sekali sehat," ujar Misran sang kakek di ruang perawatan RSU Pirngadi Medan.

Berdasarkan pemeriksaan tim medis, bocah malang ini tertular virus mematikan itu dari ibunya Windyastuti Ningsih, yang meninggal dunia sekitar 3 bulan lalu akibat penyakit yang sama. Sedangkan sang ayah Muhammad Aminuddin, warga negara Malaysia, lebih dulu meninggal akibat penyakit yang AIDS setahun lalu.

Selain memberikan pengobatan, tim medis RSU Pirngadi juga memberikan asupan gizi tambahan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh Ade Raihani Fitria.

"Jika seseorang positif AIDS maka daya tahannya akan jauh menurun, sehingga kita harus memberikan asupan gizi yang cukup sehingga daya tahan tubuhnya normal," kata Direktur RSU Pirngadi, Umar Zein.

Kasus ini menambah daftar panjang anak-anak yang terjangkit HIV AIDS dari ibunya. Awal April lalu RSU Pirngadi juga merawat Berkat Anugrah Hutauruk, bocah penderita HIV AIDS asal Kabupaten Tapanuli Utara.

Laporan: Budi Satria | Medan

Areum Eks T-ARA Sudah Sadar Kembali Usai Sempat Mencoba Bunuh Diri
Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan Nobar Webinar Literasi Digital.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024