Latihan Ringan Relaksasi Mata

VIVAnews – Berapa lama Anda menghabiskan waktu di depan layar komputer atau laptop setiap hari? Berapa lama pula waktu yang Anda habiskan untuk menonton televisi?

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

Tanpa terasa, setiap hari, kita telah membuat mata bekerja keras. Bukan hanya untuk memelototi layar komputer dan laptop. Mata juga masih harus bekerja keras melawan teriknya matahari. Seringkali kita menyipitkan mata karena sengatan sinar matahari.

Belum lagi udara yang kotor dengan dengan debu dan polusi. Semua itu membuat mata kelelahan. Mata hanya beristirahat saat kita tengah tidur saja. Padahal, sama seperti bagian tubuh lainnya, mata juga bisa mengalami stres.

Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya

Bila mata sudah terlalu lelah, tak jarang Anda mendapat serangan pusing, mata perih, berkunang-kunang, pandangan kabur, mual, dan sebagainya.

Sistem otot dan saraf yang ada mata bekerja dengan mengandalkan gerak refleks. Saat sedang berada di depan komputer, kita cenderung membuat mata bekerja lebih keras dengan sedikit berkedip. Padahal, berkedip sangat diperlukan mata supaya tidak kering.

Investasi Rp 1,6 Triliun, Apple Bakal Bangun Developer Academy di 4 Wilayah RI

Banyak juga orang yang kurang memperhatikan jarak pandang saat di depan layar komputer. Padahal layar komputer mengeluarkan cahaya dan radiasi yang membahayakan jika mata terpapar terus-menerus.

Untuk itulah Anda perlu mengistirahatkan mata Anda supaya lebih rileks. Selain itu, mata juga harus selalu dilatih.

Bagaimana cara melatih mata?

Langkah 1
Pertama-tama, duduklah dengan nyaman. Tutup mata Anda, lalu letakkan jari tangan Anda yang dirapatkan di kelopak mata. Tak perlu sampai menekan bola mata. Cukup sampai mata merasa rileks.

Langkah 2
Buka mata Anda, arahkan pandangan ke atas, tahan selama lima detik. Lalu gerakkan bola mata dengan rileks. Kemudian ganti arah pandangan ke bawah dan tahan selama lima menit. Ulangi sebanyak 5-10 kali.

Langkah 3
Ulangi gerakan di atas, tapi dengan arah pandangan ke kanan dan kiri.

Langkah 4
Pejamkan mata Anda. Lalu gerakkan bola mata ke segala arah secara teratur. Ulangi lima kali.

Langkah 5
Arahkan pandangan ke objek yang jauh dan berusaha fokus selama tiga detik. Kemudian arahkan ke objek yang dekat dan tahan pandangan selama tiga detik.

Merelaksasi mata
- Setiap melakukan aktivitas yang membuat mata lelah, jangan lupa berkedip agar mata tak mengalami dehidrasi.
- Bila terlalu lama di depan komputer, sesekali istirahatkan mata Anda dengan memejamkan mata dan pijatan halus dengan ujung jari.
- Biarkan mata berisitirahat dengan melihat pemandangan yang indah-indah misalnya pemandangan alam yang menyejukkan atau sekadar melayangkan pandangan ke luar ruangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya