Gejala dan Langkah Jauhi Kanker Payudara

VIVAnews - Sebelum terlambat, kaum wanita perlu mendeteksi secara dini penyakit tumor payudara pada dirinya. Untuk itu, bekalilah pengetahuan Anda mengenai gejala penyakit tersebut.

Berikut adalah gejala tumor payudara yang patut diwaspadai:

Pertama
, rasa sakit di sekitar payudara atau gumpalan perubahan ukuran salah satu payudara.

Kedua, puting lunak, berdarah, atau bernanah.

Ketiga, perubahan kulit pada payudara, seperti cekung, iritasi, atau kulit payudara seperti kulit jeruk.

Keempat
, payudara membengkak, hangat, atau kemerahan. Tanpa bermaksud menakut-nakuti, tanda-tanda ini adalah gejala tumor stadium IV.

Jadi, jika Anda merasa curiga pada kesehatan payudara, tanpa menunda waktu lagi segera periksakan diri ke dokter. Sedangkan, jika tanda-tanda tersebut tidak ada bukan berarti   bebas dari penyakit tumor payudara. Anda tetap perlu melakukan pemeriksaan dan perawatan untuk menghindari penyakit tersebut di kemudian hari.

Berikut langkah yang bisa Anda lakukan:

Pertama, lakukan mammogram secara teratur. Mammogram dilakukan sejak usia 35 tahun karena fungsi mamogram pada usia tersebut adalah sebagai base line. Sementara, wanita usia 20 tahun tidak diperbolehkan melakukan mammogram karena unsur radiasi bisa memicu pertumbuhan penyakit tumor. Agenda pemeriksaan bisa dilakukan tiap tiga tahun sekali pada usia 35-50 tahun. Sedangkan, wanita berusia lebih dari 50 tahun diharapkan mammogram tiap tahun karena penyakit payudara lebih berisiko pada usia lanjut.

Kedua, melakukan pemeriksaan secara rutin dan teratur dengan dokter atau perawat yang terlatih. Pemeriksaan tersebut bisa dilakukan selama tiga tahun sekali bagi wanita berusia 20-40 tahun. Sedangkan, wanita di atas 40 tahun harus lebih sering memeriksakan dirinya.

Ketiga, sadari perkembangan diri Anda setiap bulan.

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor
Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Pemerintah Republik Oriental Uruguay menjajaki kerja sama Jaminan Produk Halal (JPH) dengan Pemerintah Republik Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024