Pemilu 2009

Ruhut Sitompul Melaju ke Senayan

VIVAnews - Daftar artis yang menjadi anggota DPR bertambah panjang. Ruhut Sitompul dipastikan melenggang mulus ke Senayan.

Berdasar hasil rekapitulasi manual Komisi Pemilihan Umum, pengacara dan pemain sinetron itu meraih 67.162 suara dari 421.921 suara yang masuk ke Demokrat di Daerah Pemilihan Sumatera Utara III. Di daerah pemilihan itu, Demokrat menjadi jawara dan mengantarkan tiga jagoannya menjadi anggota legislatif.

Daerah pemilihan Sumatera Utara III meliputi 10 kabupaten dan kota yakni Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, Kota Binjai, Kabupaten Langkat, dan Kabupaten Batubara.

Banyak nama besar yang bertarung disitu. Antara lain, Letnan Jenderal Purnawirawan Arifin Tarigan yang dijagokan Partai Hanura. Mantan Panglima Daerah Militer I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal Purnawirawan Tri Tamtomo, didaulat sebagai calon anggota nomor urut 1 dari PDI Perjuangan. Kemudian pengacara senior Mayasyak Johan yang diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan. Tak ayal, ketika masa kampanye daerah pemilihan itu disebut-sebut sebagai dapil neraka karena sengitnya persaingan.

Tri Tamtomo dan Mayasyak juga diprediksi lolos ke Senayan. Namun, Arifin Tarigan tampaknya berbeda. Sebab, perolehan suara Hanura tidak cukup mengantarkan seorang calon legislator ke kursi dewan.

Rupanya, popularitas Demokrat bisa mengalahkan nama besar di wilayah itu. Sepuluh kursi yang tersedia, tiga diantaranya direbut Demokrat. Enam kursi dibagi rata PDIP, Golkar, PKS, PAN, PPP, dan Gerindra.

Prediksi perolehan kursi itu berdasar olahan peneliti Center for Electoral Reform (CETRO). Menurut Peneliti Senior CETRO Ismail Fahmi, mestinya daerah pemilihan itu ada sepuluh kursi. Namun, satu kursi sisa ditarik ke hitungan propinsi. "Kursi yang tersedia masih ada, namun suara sisa setelah hitungan tahap satu dengan seratus persen BPP (Bilangan Pembagi Pemilih) dan tahap kedua dengan lima puluh persen BPP tidak mencukupi," katanya di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu, 3 Mei 2009.

Di tingkat propinsi, suara sisa di tiga daerah pemilihan yang ada digabung. Kemudian didapat bilangan pembagi pemilih baru.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024