Aktivitas Anak Gunung Rinjani Meningkat

Pendaki Asing Diminta Segera Turun

VIVAnews -   Aktivitas anak Gunung Rinjani bernama Gunung Baru Jari meningkat. Pos pengamatan yang berada di gunung Sembalun menyatakan Gunung Baru Jari terus debu vulkanik yang membumbung hingga ketinggian 1.000 meter.

Peningkatan aktivitas Gunung Baru Jari yang memiliki tinggi 2.376 meter itu terjadi sejak 29 April 2009 lalu. Letusan terus terjadi dan menimbulkan gempa vulkanik. 

Kepala Sub Bidang Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi, Agus Budiyanto, menyatakan saat ini debu vulakanik  mengarah ke Dusun Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

“Kami sudah sampaikan peringatan kepada semua pendaki untuk turun dari Gunung Rinjani baik yang ada di Pelawangan maupun yang masih berada di Danau Segara Anak sebab kondisi ini dapat membahayakan pendaki,” kata dia di Sembalun, Lombok Timur, Senin 4 Mei 2009.

Menurut hasil pemantauan, letusan yang disertai semburan debu vulkanik terjadi secara kontinyu. Bahkan ketika baru-baru ini terjadi dua kali letusan besar.

Letusan Gunung Baru Jari ini menimbulkan lubang baru yang terletak di sebelah selatan.

Akibat peningkatan aktivitas itu, petugas meminta para pendaki yang masih melakukan berada di lereng pegunungan segera turun gunung.

Petugas setempat telah mengirim tim untuk memperingatkan seluruh pendaki untuk turun.

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Nazar, Ini Jawaban Salshabilla Adriani

Di pintu pendakian di Senaru, petugas mencatat tujuh pendaki yang berasal dari Swedia, Kanada, Jepang dan USA masih berada di Pelawangan.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi
Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir

Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar

Ketua umum PSSI, Erick Thohir memenuhi komitmennya dengan memperpanjang kontrak pelatih timnas, Shin Tae -Yong.  

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024