Indonesia Mulai Setor ke ADB 2010

VIVAnews - Pemerintah Indonesia mulai menyuntik modal ke Bank Pembangunan Asia sebesar Rp 2 triliun. Setoran modal akan dimulai pada 2010.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Depkeu Anggito Abimanyu mengatakan, suntikan modal itu akan dicicil selama 5 tahun, masing-masing sebesar Rp 400 miliar. "Kita perlu meratifikasi dulu kesepakatan di ADB tersebut, sehingga dananya baru bisa dialokasikan 2010," kata dia.

Suntikan modal ini merupakan bagian dari kesepakatan negara-negara anggota ADB untuk menambah modal menjadi 200 persen hingga menjadi US$ 165 miliar.

Menurut dia, dari total kebutuhan suntikan modal sebesar US$ 100 miliar sekitar 4 persen akan disumbang oleh anggota ADB. Sianya sebesar 96 persen akan dicari dari pasar. "Jadi nanti ADB sendiri yang akan mencari tambahan modal itu di pasar," katanya.

Selain ADB, dalam kesepakatan yang ditetapkan di G20, lembaga-lembaga keuangan multilateral lainnya juga akan mendapat suntikan modal. Lembaga keuangan itu di antaranya IMF, Bank Dunia,  Bank Pembangunan Afrika, IDB, dan lembaga keuangan sejenis di Amerika Latin.

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD
Megawati, Prabowo dan Puan Maharani berswafoto beberapa waktu lalu. (foto ilustrasi)

Gerindra Akui Agenda Pertemuan Prabowo dengan Megawati Sedang Disusun

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani meyakini peluang pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto, dengan Ketua Umum PDIP Megawati.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024