KM Teratai Prima Tenggelam

Kapal KM Teratai Pernah Berganti Mesin

VIVAnews - Hasil peyelidikan awal terjadinya kecelakaam KM Teratai Prima menunjukkan adanya penggantian mesin kapal Teratai Prima pada 31 Maret 2008. Bahkan disebutkan bahwa kapal yang dibangun tahun 1999 telah berganti pemilik.

Keterangan administrator pelabuhan Samarinda, Sudiono pada konferensi pers di Departemen Perhubungan, Jumat 23 Januari 2009 mngatakan, pemilik kapal Saripping mengalihkan kepemilikannya ke Batari Mulya dengan pemilik Muhammadong. "Semuanya ada dalam pencatatan riwayat kapal," Sudiono menerangkan.

Dalam riwayat kapal diketahui ada penggantian mesin induk KM mesin bertipe 2 X 1500 PK menjadi 2 X520 PK pada 31 Maret 2008. Kapal yang tadinya berjenis kargo ini kemudian berubah menjadi kapal penumpang tidak memiliki kelas kapal (non kelas).

Bagi kapal non kelas, diperbolehkan  berlayar dengan persyaratan harus melalui pemeriksaan di Badan Klasifikasi Indonesia (BKI) setiap 12 bulan sekali atau naik dok.

Menurut Dirjen Perhubungan Laut Sunaryo, secara teknis kapal KM Teratai terakhir kalinya naik dok pada Maret 2008, sehingga masih memenuhi ketentuan.

Dalam investigasi lanjutan, menurutnya yang perlu didalami apakah kapal sudah memenuhi prosedur kelaikan penggantian mesin induk kapal,permesinan, bangunan kapal dan sarana kapal, dan harus ada investigasi menyeluruh jika ada indikasi kolusi, baik dari regulator dan  operator.

Sementara adpel Parepare nonaktif, Nurwahidah menerangkan, adpel Pare-pare menerima manifes sebanyak 250 penumpang yang diajukan nakhoda kepada syahbandar. Sedangkan muatan sebanyak 254,75 ton. "Setelah melalui prosedur, kami anggap layak diterbitkan surat izin pelayaran (SIP) untuk KM Teratai Prima," kata Nurwahidah.

Adapun para penumpang berdasarkan laporan keluarga tidak terdapat dalam manifes, disebutkan Nur, menurut pengakuan para agen ada yang tidak memasukkan nama penumpang di tiket.

Laporan keluarga korban yang diterima Adpel Pare-pare, nama yang tercantum dalam manifes sebanyak 172 org dan sisanya tidak tercantum dimanifes, kemungkinan orangnya dikapal tidak tercantum ke manifes.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas
Presiden Jokowi Buka Puasa Bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024. Tampak, Wakil Presiden Mar

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024