Pidato Megawati di Rakernas IV PDIP

"APBN Naik 300%, Kemiskinan Tak Berkurang"

VIVAnews - Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara meningkat tiga kali lipat dibanding tahun 2007, namun hasil pembangunan tak meningkat sebanding. Malah, kata Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, angka kemiskinan tak semakin menurun.

"Meskipun anggaran kemiskinan meningkat tajam dari Rp 18 triliun tahun 2004, lalu jadi Rp 70 triliun tahun 2008, tapi jumlah orang miskin tidak berkurang secara signifikan," kata Megawati dalam pidato membuka Rapat Kerja Nasional IV PDIP, di Hotel Sunan, Surakarta, Selasa, 27 Januari 2009.

Data Badan Pusat Statistik tahun 2004 menunjukkan angka kemiskinan 36 juta. Tahun 2008, angka kemiskinan hany berkurang sedikit jadi 35 juta. "Malah data dari Departemen Sosial mengatakan terdapat 76 juta jiwa miskin," kata Megawati.

Secara umum, APBN meningkat drastis dari Rp 380 triliun tahun 2007 menjadi 1.000 triliun pada akhir tahun 2008. "Namun hasil pembangunan tidak sebanding dengan kenaikan itu," ujar Mega.

Dan data itu semua, kata Megawati, adalah data pemerintah. PDIP tidak mengutip data dari lembaga non-pemerintah sehingga seolah-olah PDIP iri hati atau suudzan.

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun
Seorang pekerja sedang mengawasi pembangunan proyek perumahan pekerja konstruksi yang nanti digunakan untuk pekerja membangun infrastruktur di IKN, Penajam Paser Utara.

Kejar Target Pembangunan, Pekerja Proyek IKN Mudik Diantar Pakai Hercules

Jtah libur mudik bagi lebih dari 13.000 pekerja konstruksi IKN itu pun telah berakhir, dan para pekerja pun mulai balik lagi ke IKN guna kembali bekerja.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024