Pemprov DKI Akan Pugar 18 Terminal Bus

VIVAnews - Sebanyak 18 terminal di DKI Jakarta akan diperbaiki tahun ini. Untuk perbaikan itu disediakan anggaran Rp 6,3 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, M Tauchid, mengatakan, Jakarta memiliki 20 terminal bus, namun, dua diantaranya kondisinya masih bagus. Seperti terminal cililitan dan Blok M.

Perbaikan fisik seluruh terminal akan dimulai bulan Mei tahun ini. Terminal Senen kata Tauchid, merupakan terminal yang mendapatkan anggaran paling besar untuk perbaikanya, karena terminal itu akan diperbaiki secara total.

Anggaran yang disediakan untuk perbaikan Terminal Senen mencapai Rp 4,5 Miliar. Rp 1,5 miliar untuk perbaikan gedung dan 2,5 miliar untuk empalesement, dan 500 juta untuk perbaikan saluran.

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, mengatakan, sebagian terminal akan direhab dengan meningkatkan fasilitasnya.
 
Sebagain terminal perspektifnya akan ditingkatkan. seperti Terminal Senen akan dirombak total, model bangunannya akan berintegrasi dengan Stasiun Kereta Api.

Sementara terminal Pulo Gadung nantinya akan digunakan sebagai terminal dalam kota dan juga terminal untuk bus Transjakarta. Dan untuk pelayanan angkutan antar kota akan dipindah ke Terminal Pulo Gebang.

Terminal Grogol hanya akan digunakan untuk angkutan dalam kota, semua bus angkutan akan dipindah ke Terminal Kalideres.

Pembangunan Terminal Pulo Gebang bisa diselesaikan selama 2 tahun. karena khusus untuk terminal Pulo Gebang  anggarannya sudah dialokasikan secara Multi Years yakni sebesar Rp 640 miliar. Dimulai dengan alokasi awal sebesar Rp 30 Miliar dari APBD.

Ditargetkan pada tahun 2011 atau awal tahun 2012 bisa semua pembangun terminal sudah rampung. Fauzi mengimbau agar perbaikan seluruh terminal juga diikuti dengan perbaikan infrastruktur, saluran, jalan dan jembatan.

Selama ini, sistem jaringan di sekitar terminal sangat buruk. Seringkali mengakibatkan jalan tergenang air dan cepat rusak.

"Saya minta supaya saluran diintegrasikan dengan sistem drainase yang ada di lingkungan setempat," ujar Fauzi Bowo, Kamis 19 Februari 2009.
 
Sementara itu, untuk terminal Lebak Bulus perbaikannya akan diintegrasikan dengan disain Mass Rapid Transit (MRT) yang saat ini sedang disusun.
 

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024