45 Ribu Orang di PHK Sepanjang 2009

VIVAnews - Pemutusan hubungan kerja (PHK) di DKI Jakarta diperediksi akan mencapai 45 ribu sampai dengan akhir tahun 2009. Perkiraan jumlah PHK ini dicatat oleh Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta berdasarkan perediksi potensi PHK secara nasional yang mencapai 52 ribu orang sampai akhir tahun 2009.

Berdasarkan catan itu, hingga November 2008 sudah ada 14.268 pekerja yang di PHK, sementara untuk 2009 jumlah yang di PHK bisa mencapai dua kali lipatnya.

"Secara nasional sudah lebih dari 16.988 pekerja yang di PHK hingga November 2008," ujar Kepala Balai Latihan Kerja DKI Jakarta, Dwi Oentoro di Balaikota, Jumat 20 Februari 2009.

Rata-rata mereka yang di PHK mayoritas berasal dari sektor industri. Untuk mengatasinya strategi yang paling pas adalah dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat yang bisa menggiring mereka untuk melakukan usaha mandiri seperti berwirausaha.

Ada 800 orang di Jakarta memulai untuk usaha dengan melakukan wirausaha. Mereka diberi bimbingan teknis dan pelatihan.

Berdasarkan pantauan Balai Latihan Kerja DKI Jakarta, tingkat keberhasil mereka yang mengikuti pelalatihan di BLK mencapai 85-90 persen.

"Cara berfikir mereka perlu dirubah dari yang tadinya sebagai penerima gaji menjadi pemberi gaji," ujar Dwi.

Namun, sebanyak 7 Balai Latihan kerja yang ada di DKI Jakarta masih harus direvitalisasi. Sehingga fungsinya untuk melatih para calon pekerja masih kurang maksimal, karena fasilitas ataupun peralatan masih menggunakan produk lama.
 
contohnya BLK di kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat yang dibangun sejak tahun 1990. Beberapa BLK yang harus diperhatikan juga berada di Wilayah Jakarta Timur, Selatan dan Pusat yang dibangun pada tahun 2002.

Untuk mengantisispasi akibat krisis keuangan global fungsi BLK akan ditingkatkan. Selama ini hanya ada 8 bidang kejuruan yang dilatih di BLK.

Antara lain, Jahit menjahit, Tata Boga, tata busana, otomotif mobil, otomotif motor, teknik pendinginan dan perhotelan. Pada tahun 2009 dua kejuruan akan ditambah lagi, diantaranya otomotif diesel.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024