Survei Lembaga Survei Indonesia

75 Persen Pemilih Setuju Suara Terbanyak

VIVAnews - Sebagian besar pemilih setuju sistem suara terbanyak dalam penetapan calon legislator terpilih. Hanya sebagian kecil yang setuju sistem nomor urut yang ditetapkan partai.

Lembaga Survei Indonesia menemukan itu dalam survei yang digelar 12-22 Januari 2009 lalu di 33 provinsi. Sebanyak 75 persen dari 2.189 responden memilih suara terbanyak ketika ditanya "Sistem apa yang Anda pilih untuk menetapkan kursi di DPR?" Hanya 4 persen menjawab nomor urut, lalu 12 persen menjawab tak ada pilihan dan 9 persen menjawab tak tahu/tak menjawab.

Survei yang dirilis the International Republican Institute ini juga menemukan 87 persen responden menyatakan akan memilih dalam Pemilu nanti. Tiga persen menjawab tidak akan memilih dan sepuluh persen lainnya belum menentukan sikap.

Untuk Pemilihan Presiden, partisipasi lebih tinggi lagi yakni 91 persen menjawab akan mengikuti pemilihan, 2 persen menjawab tak memilih dan 7 persen belum menentukan.

Responden survei tersebar di 33 provinsi, diambil secara proporsional berdasarkan populasi. Sampel diambil secara acak dengan syarat memiliki hak memilih. Margin of error penelitian lebih kurang 2,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024