PM Jepang, Tamu Asing Pertama Obama

VIVAnews - Perdana Menteri (PM) Jepang, Taro Aso, tiba di Washington DC, Amerika Serikat (AS) untuk menjadi tamu asing pertama bagi Presiden Barack Obama, Senin malam 23 Februari 2009.

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Kedua pemimpin negara ekonomi kuat dunia tersebut akan bertemu hari ini untuk menyusun kerja sama dalam upaya memerangi krisis ekonomi global. Baik pemerintah Jepang maupun AS telah mengeluarkan dana stimulus ekonomi miliaran dolar.

Namun para pengamat mengatakan bahwa kunjungan Aso yang kurang dari 24 jam tersebut hanya bermakna simbolis. Kunjungan itu hanya bertujuan untuk meredam kekhawatiran bahwa pemerintah AS akan lebih perhatian pada China daripada kepada mitranya sekian lama, Jepang.

"Kami sangat menghargai pemerintahan baru AS yang telah menganggap penting hubungan Jepang-AS dalam kebijakan luar negeri AS," kata juru bicara untuk pers Kementrian Luar Negeri Jepang, Kazuo Kodama, seperti dikutip dari laman Channel News Asia.

Kodama mengatakan bahwa Aso dan Obama mampu menunjukkan kepada dunia bahwa kekuatan ekonomi terkuat pertama dan kedua tersebut akan bersama-sama membahas isu yang paling penting, yaitu krisis ekonomi dan keuangan.

Kodama menambahkan bahwa Aso mungkin akan menyuarakan keberatannya tentang istilah "Buy American" dalam paket stimulus ekonomi AS. "PM Aso akan mengatakan bahwa Jepang menentang segala bentuk proteksionisme," kata Kodama.

Jepang memiliki hubungan baik dengan mantan presiden George W. Bush, tetapi aliansi tersebut terhambat tahun lalu saat Bush mengeluarkan Korea Utara dari daftar hitam negara yang mendukung terorisme sebagai bagian dari pakta denuklirisasi.

Kekhawatiran akan ancaman terhadap aliansi AS-Jepang semakin bertambah dengan perkataan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton. Saat menjadi kandidat presiden, dia mengatakan bahwa AS dan China akan memiliki hubungan bilateral yang paling penting di dunia dalam abad ini.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Namun, Clinton berkunjung ke Jepang pekan lalu di mana Jepang adalah negara asing pertama yang dikunjungi Clinton sebagai menteri luar negeri. Dalam kesempatan itu, Clinton mengundang Aso untuk berkunjung ke AS.

Aso berharap, pertemuan dengan Obama dapat menaikkan dukungan masyarakat Jepang terhadap dirinya. Pasalnya, popularitas Aso terus anjlok setelah menteri keuangannya ketahuan mabuk di forum konfrensi pers dalam rangkaian pertemuan G7 di Roma, Italia, beberapa waktu lalu. Selain itu, masyarakat Jepang tidak yakin dengan cara penanganan ekonomi pemerintah Jepang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 2 Bandara Soetta

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

Kementerian Perhubungan, mendapatkan fakta terkait dengan pergerakan penumpang dalam periode angkutan mudik Lebaran 2024. Pemudik menumpuk di H-4, H-3 lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024