Longsor di Garut Halangi Perlintasan KA

PT. KAI Dinilai Lalai

VIVAnews - Dinas Perhubungan Kabupaten Garut menilai terjadinya longsor perlintasan Kereta Api di km 233+9/0 tepatnya di Kampung Cikadongdong, RT03/03, Desa Mekarmulya Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Selasa, 24 Februari 2009, lebih disebabkan karena kelalaian petugas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Hilman Farizd mengatakan, selain faktor alam, kajadian bencana longsor di wilayah tersebut juga diakibatkan oleh faktor pemeliharaan lingkungan di sekitar bantalan rel yang dinilai kurang baik.

"Seharusnya pihak kerata api bisa melakukan penataan lingkungan. Karena saat ini lingkungan disekitar bantalan rel yang banyak terdapat di derah pegunungan dan perbukitan itu kerap tidak ditanami pohon penyanggah," ujar Hilman Farizd saat dihubungi VIVAnews, Rabu, 25 Februari 2009.

Selain melakukan reboisasi, tambah Hilman, PT KAI pun dihimbau untuk membina kerjasama dengan masyarakat disekitar perlintasan kereta api dengan menggunakan pendekataan konservasi.

"Ya. itu sebagai salah satu upaya untuk menata lingkungan disekitar rel. Apalagi di daerah Garut itu kerap terjadi longsor dan kecelakaan kereta," tuturnya.

Laporan: Sigit Zulmunir | Bandung

Habib Bahar Ngaku Pernah Dilamar Artis Cantik: Dia Datangi Istri Saya Minta Izin
Duel tinju chef Arnold Poernomo vs Codeblu di ajang Holywings Sport Show Seri 5

Laga Panas! Duel Tinju Chef Arnold Poernomo Versus Codeblu di Ajang HSS Series 5

Duel tinju selebritis Holywings Sport Show (HSS) Series 5 tersebut akan berlangsung Minggu 21 April 2024, di Indonesia Arena, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024