Sofyan Tak Mau Paksa Bank BUMN Turunkan Bunga

VIVAnews - Menteri Negara Sofyan Djalil tidak akan memaksa bank-bank BUMN menurunkan suku bunga kredit. Ia menyerahkan mekanisme itu kepada bank sendiri.

Saat ini tercatat ada empat bank BUMN, yakni Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Sebetulnya, kata Sofyan usai acara Topping Off Rusunami Kemayoran di Jakarta, Kamis 5 Maret 2009, secara umum bank-bank pemerintah telah menurunkan sendiri bunga kreditnya. Bahkan sebelum Bank Indonesia menurunkan lagi suku bunga acuannya. BI rate saat ini berada di posisi 7,75 persen. Rabu kemarin, BI menurunkan bunga acuannya hingga 50 basis poin. Penurunan ini merupakan yang keempat kalinya.

"Nggak akan ada tekanan seperti itu (meminta bank menurunkan bunga kredit). Kita serahkan kepada mekanisme perbankan saja. Jadi kalau BI rate turun, suku bunga juga akan ikutĀ  turun," kata Sofyan.

Jika pemerintah memaksa bank-bank BUMN menurunkan suku bunga kredit, sedangkan bank-bank lain tidak, dikhawatirkan bank BUMN akan mengalami kesulitan dana. "Jadi kita serahkan kepada masing-masing bank umum. Kebijakan moneter kan ada di BI," tegas dia.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran
Ilustrasi tembakan.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota Satuan Lali Lintas Polres Kota Manado, Sulawesi Utara ditemukan tewas dengan luka tembak di bagian kepala, kemarin. Kejadiannya di Jalan Mampang Prapatan

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024