Cegah Kecelakaan di Area Bermain Si Kecil

VIVAnews - Kecelakaan pada si buah hati bisa terjadi di mana saja. Arena bermain pun bisa mendatangkan bencana. Periksa beberapa standar keselamatan di bawah ini agar anak bisa bersenang-senang tanpa bahaya:

- Jangan lupa mengalasi arena dengan bahan yang memiliki permukaan lunak misalnya pasir, serutan kayu, atau matras karet.

- Periksa suhu alat bermain jika cuaca sedang panas. Jangan sampai kulit anak melepuh karena memegang mainan yang terlalu panas.

- Peralatan yang terbuat dari kayu harus mulus dan tahan lama. Periksa permukaan kayu secara berkala untuk memastikan tidak ada bagian yang mengelupas yang dapat menggores anak Anda.

- Amati seluruh bagian mainan dan segera perbaiki mainan yang memiliki ujung runcing, paku menonjol, dan rantai atau engsel lepas. Jika mainan terletak di area bermain umum, segera laporkan pada pengelola taman bermain.

Selain beberapa standar keamanan umum, Anda harus memperhatikan beberapa hal spesifik sebelum mebiarkan anak terjun bebas ke permainan favoritnya:

- Anak berusia di bawah lima tahun harus terus diawasi. Anda juga harus memastikan balita kesayangan untuk menggunakan mainan berbeda dengan anak yang lebih tua.

- Ayunan harus terbuat dari bahan yang lunak dan fleksibel. Jika anak Anda belum bisa duduk di bangku ayunan biasa, ia harus duduk di bangku mirip ember dengan lubang kaki di bagian bawahnya. Pastikan anak memegang erat pegangan ayunan dengan kedua tangannya. Jangan pernah membiarkan satu ayunan digunakan bersamaan. Dan tentu jangan lupa ajari anak menghindari ayunan yang sedang dipakai untuk mencegah cedera.

- Anda tidak boleh membiarkan anak berumur di bawah tiga tahun bermain jungkat-jungkit. Mereka belum memiliki koordinasi fisik yang cukup untuk menggunakan mainan ini.

- Ajari anak Anda memanjat tangga seluncuran. Segera setelah anak Anda meluncur, bantu dia segera beranjak supaya tidak tertimpa anak yang meluncur berikutnya.

-Terakhir, pastikan anak Anda tidak memakai perhiasan seperti kalung atau pakaian bertali seperti jaket bertudung karena bisa menyangkut di mainan.

Daftar Sepeda Motor Baru Suzuki April 2024
Rivera Outbound & Edutainment Bogor

Intip Wahana Baru Rivera Edutainment Park Bogor, Serunya Kumpul Keluarga Sambil Outbound

Semua wahana permainan di Rivera dilengkapi dengan alat pengaman yang sesuai standar, dan pastinya aman dan nyaman untuk pengunjung.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024