Perdagangan Perluas Pasar ke Timur Tengah

VIVAnews - Departemen Perdagangan pada awal April 2009 akan mengirimkan delegasi misi dagang ke Timur Tengah. Pengiriman misi dagang ini sebagai upaya mendapatkan target pasar baru.

Meri mengatakan, pemerintah memang sedang aktif mencari pasar lain yang relatif kecil terkena dampak resesi global. Timur Tengah salah satunya, selain Asia Tenggara, Rusia, Afrika, dan negara Tan Brothers. Negara Tan Brothers merupakan negara bagian Rusia berakhiran "tan" seperti Kazakhstan dan Uzbekistan.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

"Mereka negara kaya minyak, yang pasti pasarnya masih kuat," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa 10 Maret 2009.

Mari menjelaskan beberapa sektor masih bisa tumbuh positif di negara-negara tujuan tersebut. Di antaranya, makanan minuman, jasa konstruksi, dan produk konsumsi lainnya.

Mari menjelaskan, pemerintah akan mempertahankan konsumsi dalam negeri tumbuh 4 persen. "Kalau kita bisa pertahankan 4 persen saja, pertumbuhan ekonomi bisa 3 persen," ujar Mari. Normalnya jika tak ada krisis, Mari mengatakan, konsumsi dalam negeri tumbuh pada angka 4 atau 5 persen.

"Harapannya memang ada pada konsumsi dalam negeri, karena ekspor anjlok," katanya. Sebab, 68 persen dari sumber pertumbuhan ekonomi berasal dari konsumsi dalam negeri.

Ilustrasi aplikasi.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Namanya Tripper, aplikasi hiburan terbaru yang dapat dinikmati penumpang sebelum, saat, dan sesudah penerbangan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024