Jumlah Anak Tertular Virus HIV Melonjak

VIVAnews- Bukan hanya orang dewasa yang bisa terjangkit virus HIV. Anak-anak juga bisa terserang. Biasanya mereka tertular saat berada di janin ibu yang terinfeksi HIV/AIDS.

“Jumlah penderita AIDS di Indonesia berbanding terbalik dengan negara lain, misalnya saja Thailand. Di negara lain turun, kita malah naik. Kondisi yang berbeda itu membuat kondisi saat ini berbalik,'' kata drg Dyah Erti Mustikawati, salah satu pembicara dalam simposium HIV/AIDS dan Anak, di Hotel Borobudur, Jakarta.

Penderita Aids di Indonesia lebih banyak menjangkiti pengguna narkoba suntik dan Homoseksual Sementara itu di Thailand pengidap HIV justru banyak menyerang mereka yang Heteroseksual. Selain itu, problem yang dihadapi juga berbeda.

Lebih lanjut Dyah memaparkan, bahwa yang lebih mengkhawatirkan jumlah bayi dan anak yang terinfeksi juga ikut melonjak. salah satu dilema yang dihadapi negara berkembang adalah bagaimana menyelamatkan jiwa bayi-bayi tersebut dengan cara persalinan dan pemberian makanan secara aman.

Ditanya soal komitmen pemerintah, Dyah menjawab pemerintah cukup berkomitmen untuk menangani penyakit mematikan ini. Hanya, dia menyayangkan adanya otonomi daerah menjadi problem tersendiri. ''Sulit untuk turun langsung ke bawah,'' katanya di hadapan 700 peserta simposium.  

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu
Anies Baswedan menghadiri halal bihalal dan Milad ke-22 PKS

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Sejumlah tokoh parpol hingga tokoh nasional hadir di acara halal bihalal dan Milad PKS ke-22 di kantor DPP PKS

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024