Mari Memahami Peraturan Produk Reksa Dana

Rubrik Konsultasi Wealth Management diasuh oleh sejumlah konsultan seperti konsultan dari Certified Wealth Managers Association (CWMA) dan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI). Pembaca dapat mengirimkan pertanyaan atau berkonsultasi seputar masalah  wealth management dan reksa dana.  Pertanyaan dapat dikirim lewat email: redaksi@vivanews.com, surat dialamatkan ke redaksi Vivanews.com di Menara Standard Chartered Lt. 31, Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164, Casablanca, Jakarta atau Fax. 62-21 2553 2563.

Gak Percaya Anaknya Biasa Pakai Narkoba, Ibunda Chandrika Chika: Saya Tau Anak Saya Seperti Apa

--------------------------------------------------

PERATURAN yang mengatur bagaimana reksa dana bekerja sangat berbeda dengan perbankan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada investor.

Pada reksa dana, terdapat beberapa pihak yang terkait. Manajer investasi bersama dengan bank kustodian menerbitkan produk reksa dana.

Bank kustodian bertugas untuk menyimpan dan melakukan segala bentuk kegiatan administrasi dalam pengelolaan reksa dana.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Sementara itu, manajer investasi bertugas untuk mengelola investasi reksa dana sesuai dengan peraturan yang berlaku dan kebijakan investasi agar memperoleh hasil yang maksimal.

Keduanya harus merupakan pihak yang tidak terafiliasi. Hal ini dimaksudkan agar keduanya dapat saling mengawasi.

Jika salah satu pihak melakukan pelanggaran, pihak lain wajib melaporkan hal tersebut kepada Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) selaku otoritas pasar modal.

Secara terpisah, manajer investasi dan bank kustodian memberikan laporan terpisah atas dana investasi yang dikelolanya kepada Bapepam-LK secara reguler.

Jika berdasarkan pertimbangan Bapepam-LK, salah satu pihak dianggap tidak mampu menjalankan tugasnya, otoritas pasar modal berhak untuk memerintahkan agar reksa dana tersebut dialihkan kepada pihak lain untuk melindungi Anda.

Selain itu, terdapat pihak lain yaitu agen penjual reksa dana. Biasanya, perbankan yang bertugas untuk membantu manajer investasi untuk memasarkan unit penyertaan reksa dana kepada investor.

PKS Bakal Sambangi Markas PKB Malam Ini, Bahas Apa?

Andreas M Gunawidjaja dan Soca Lukitasari
PT Mandiri Manajemen Investasi
Corporate Strategic Partner CWMA

Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Refly Harun saat diwawancarai oleh wartawan di Padang, Sumatra Barat, Selasa, 28 November 2023.

Refly Harun: Anies-Muhaimin Pengkhianat Jika Gabung Pemerintah

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, memberikan tanggapannya terkait peluang pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar bergabung ke Pemerintahan usai kalah di Pilpres.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024