Depkeu Kucurkan Dana Stimulus 3 Departemen

VIVAnews - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara siap mencairkan dana stimulus tiga kementerian yaitu Departemen Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan Rakyat (Menpera) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dirjen Perbendaharaan sudah menandatangani daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) ketiga departemen tersebut. "Yang tiga departemen sudah saya teken, Rabu malam," kata Dirjen Perbendaharaan Herry Purnomo di Jakarta, Jumat 27 Maret 2009.

Dia menjelaskan untuk percepatan pelaksanaan, sebenarnya Departemen tanpa harus menunggu DIPA selesai, namun bisa melakukan perjanjian kontrak jika sudah jelas kegiatannya.

"Kalau lelang sudah selesai tinggal teken kontrak lalu langsung jalan. Tapi kalau pencairan tunggu fisiknya dulu. Kalau belum fisik pun sebetulnya bisa minta uang muka sekitar 10-20 persen dari nilai kontrak," katanya.

Sebelumnya pencairan proyek infrastruktur dalam stimulus fiskal tidak bisa dilakukan cepat karena harus memakai tender. Jika merujuk pada Kepres No 80/2003 mengenai Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, proses paling cepat membutuhkan waktu 40 hari.

Sementara untuk proyek padat karya, tidak memerlukan persiapan khusus karena bisa cair lebih cepat. Biasanya dana stimulus bisa cair dalam waktu satu minggu.

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa
Anies dan Cak Imin saat silaturahmi  hari raya lebaran tahun 2024

Cak Imin Posting Foto Bareng Dasco Gerindra, Apa Artinya?

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengunggah foto bersama Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024