Diserang 'Hacker', Penghitungan Suara Kacau

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan terpaksa menghentikan Sistem Informasi Penghitungan (Situng) real count Jumat, 17 April 2009. Sistem yang selama ini dijadikan salah satu acuan untuk mengetahui hasil suara sementara pemilu legislatif kacau setelah di serang hacker.

"Kepastiannya kita ketahui tadi malam. Kita sebenarnya telah mendapat laporan sejak dua hari lalu, namun kita tidak terlalu perhatikan," kata Kepala Bagian Teknis KPU Sulsel, Andi Arifin dikantornya Jl AP Pettarani Makassar.

Dikatakannya, KPU Sulsel mengetahui kekacauan pada perhitungan yang menggunakan IT berjaringan tersebut, setelah mendapatkan laporan dari tim sukses dan caleg partai. Pasalnya, catatan mereka selalu berubah dalam dua hari terakhir.

"Laporan dari PDI P dan Golkar yang terbanyak. Dua hari lalu suara partai sudah hampir seribu, masa tadi malam tiba-tiba turun menjadi 37 suara. Selain itu, nama-nama calon DPD sudah tidak bisa terbuka," tambahnya kepada VIVAnews.

Itu sebabnya, panitia teknis Situng langsung berkordinasi dengan KPU Sulsel rabu dini hari. Hasilnya disepakati, penghitungan tersebut harus dihentikan hingga batas waktu tidak tertentu.

Menurut Arifin, penghentian harus dilakukan, untuk tidak menimbulkan kebingungan bagi masyarakat dan yang berkepentingan terhadap suara pemilu legislatif. Sebab perbedaan data yang dimunculkan, telah menyebabkan kontroversi bagi para tim sukses dan caleg.

Saat ini, KPU Sulsel telah melaporkan serangan hacker dari oknum yang tidak bertanggungjawab ke Polda Sulsel. Bahkan menurut Arifin, Kepolisian telah mengetahui identitas pelaku hacker yang berhasil mengacaukan Situng KPU Sulsel.

Akibat penghentian rekap suara tersebut, para tim sukses dan caleg sudah tidak terlihat mendatangi media centre KPU Sulsel. Padahal sejak tanggal 10 april hingga tadi malam, puluhan tim sukses dan caleg bergantian mendatangi KPU Sulsel, untuk mengetahui perkembangan suara mereka.

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru
Manajer Manchester United, Erik ten Hag

Ten Hag Ungkap Pemain Ini Bakal Bawa Kesuksesan untuk MU

Manajer Manchester United, Erik Ten Hag masih percaya dengan Casemiro, meski sang pemain dinilai sudah mengalamai penurunan performa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024