Yudhoyono Usung ACI di INACRAFT

VIVAnews - Pemerintah akan meluncurkan logo Aku Cinta Indonesia  pada 22 April 2009. Logo ini langsung diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono bertepatan dengan pembukaan pameran INACRAFT.

Dalam hal ini Menteri Perdagangan ditunjuk langsung sebagai koordinator pelaksana harian penggunaan logo ACI. Kampanye logo ini nantinya dilakukan oleh tim teknis yang terdiri dari wakil pemerintah dan tim profesional. Tim ini akan menjadi koordinator kampanye. Tim profesional bertugas untuk memberikan konsultasi dan "need assessement" dari setiap kebutuhan Departemen untuk berpartisipasi dalam kampanye ACI.

Logo ACI digambarkan dengan tulisan "100% 'gambar love' INDONESIA". Gambar dimunculkan dengan tampilan warna-warni dan huruf INDONESIA yang terpotong-potong. Arti dari logo ini adalah warna-warni mempresentasikan warna dari laut bumi Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Warna-warni juga merefleksikan keragaman kreatifitas bangsa Indonesia.

"Bayangkan betapa warna-warninya hidup kita. Logi ini ingin mengingatkan betapa kayanya kita dan betapa kuatnya kreativitas kita," ujar Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kemitraan Plt Dierjen Srana Komunikasi dan Desiminasi Informasi Freddy H Tulung dalam rapat koordinasi logo ACI di kantor Departemen Komunikasi dan Informasi, Jumat 17 April 2009.

Sementara untuk huruf yang seolah terpotong menunjukkan bahwa kreatifitas bangsa Indonesia mampu tampil melampaui batas. Ini juga menjadi ekspresi tekad bersama dan dukungan kepada sesama dalam kesadaran kolektif membangun identitas Indonesia sebagai bangsa yang kreatif.

Logo ini memiliki makna yang mudah dimengerti oleh berbagai bangsa. Logo ACI dikatakan adalah penunjuk, pengingat dan penyadar bahwa kita pantas maju sebagai bangsa kreatif.

Selain itu logo ACI juga dikatakan memiliki dua makna, yakni versi dunia dan versi lokal. Versi Dunia logo ACI bermakna "Kami ingin menyatakan pada dunia bahwa setiap karya rupa cipta Indonesia dibuat dengan seratus persen cinta kami sebagai orang Indonesia. Apa yang dibeli, apa yang dikenakan, apa yang dinikmati, apa yang dipajang....adalah refleksi diri dari rasa menghargai budaya, paham pakem tradisi dan tentunya bukti cinta tanpa syarat kepada tanah air. Semua 'jadi' atas nama cinta yang akan abadi".

Versi lokal makna logo ACI adalah "ekspresi tekad bersama dan dukungan kepada sesama dalam kesadaran kolektif membangun identitas Indonesia sebagai bangsa kreatif. Cinta kami seratus persen pada Indonesia hadir absolut tanpa tanda tanya. Semua tergambar jelas ketika kami memakai, mencecap, menggenggam, mencipta, apalagi yang harus diragukan. D ihati kami hanya ada Indonesia".

MK Sudah Putuskan, Dave Laksono Minta Tak Ada Lagi Tuduhan Politisasi Bansos
VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia Saat Survey Medan Latihan di Karawang

Tentara Amerika Serikat yang meninggal dunia adalah Mayor WW

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024