Dua TPS di Jakarta Gelar Pemilu Ulang

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta akan menggelar pemungutan suara ulang di TPS 58 Pekayon, Pasarrebo, Jakarta Timur dan TPS 14 Pasarmanggis, Tebet Jakarta Selatan.

Pemungutan suara akan dilakukan, Sabtu, 18 April. Formulir C4  dan logistik pemilu sudah dikirim dengan pengawalan ketat petugas.

Sebelumnya, 13 partai politik (parpol) merekomendasikan ke panitia pengawas pemilu (Panwaslu) agar melakukan pemilu ulang di beberapa TPS. mereka menenggarai terjadi kecurangan dalam pelaksanaan pemungutan suara.

Misalnya di TPS 58 Pekayon, terjadi penggelembungan suara DPRD dan DPR RI. Sedangkan di TPS 14 Pasarmanggis, dilakukan pemilu ulang karena ada rekomendasi dari Panwaslu.

Ketua KPU Jakarta Selatan, A Fachrudin, mengatakan, digelarnya pemilu ulang di TPS 14 Pasarmanggis karena ada tiga unsur yang menjadi landasannya.

Adanya rekomendasi PPL (pantia pengawas lapangan) yang dialamatkan ke PPK dan dilanjutkan ke KPU Jakarta Selatan. Kedua, karena adanya desakan para saksi dari partai-partai politik.

Serta adanya persetujuan dari Ketua KPPS (kelompok panitia pemungutan suara) setempat.

Di TPS 14 ini, tercatat ada 334 daftar pemilih tetap (DPT) yang akan melakukan pencontrengan besok. "Kami dari KPU setuju atas penilaian Panwaslu sehingga pemilu ulang dapat dilakukan di TPS 14 Pasarmanggis. Kami juga tidak ingin situasi yang telah kondusif ini diperkeruh oleh hal hal sepele. Makanya kami siap melakukan pemilu ulang," ujar Fachrudin seperti dikutip situs resmi Pemerintah DKI.

Ketua Panwaslu DKI Jakarta, Ramdansyah, mengatakan pihaknya bersyukur karena rekomendasi telah didengar oleh KPU. Sehingga dapat melakukan pemilu ulang, terutama di TPS yang ditenggarai telah terjadi kecurangan atau pelanggaran.

Akibat adanya pelanggaran di TPS tersebut membuat surat suara dianggap tidak sah. "Ini sudah sesuai dengan UU Pemilu Nomor 10/2008," tandasnya.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan
Jeno NCT

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui

Jeno NCT kini tengah bahagia karena ia sedang berulang tahun tepat pada Selasa, 23 April 2024. Jeno yang memiliki nama panjang Lee Jeno ini sudah menginjak usia 24 tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024