Hubungan AS - Venezuela

Setelah Salami Obama, Chavez Siapkan Dubes

VIVAnews - Jabat tangan bersejarah dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, Sabtu pekan lalu tidak membuat Hugo Chavez berpuas diri. Pemimpin Venezuela itu justru menindaklanjutinya dengan berencana mengirim kembali duta besar ke Washington untuk menormalisasi hubungan kedua negara.

Chavez pun segera menyiapkan mantan menteri luar negerinya yang kini menjadi Duta Besar Venezuela untuk Organisasi Negara-negara Amerika (OAS), Roy Chaderton, untuk pindah tugas ke Washington DC. "Saya telah berbicara dengan Roy Chaderton dan telah mengutusnya untuk menjadi duta besar di Amerika Serikat," kata Chavez kepada para wartawan seperti dikutip laman The New York Times.

Pernyataan Chavez itu terlontar setelah dia bertemu dengan Obama dan Menteri Luar Negeri AS, Hilary Clinton, di sela-sela Konfrensi Tingkat Tinggi Negara kawasan Amerika Latin di Trinidad dan Tobago, Sabtu 18 April 2009, waktu setempat.

"Kini kami tinggal menunggu respon dari Amerika Serikat apakah akan menerima Chaderton sebagai duta besa," kata Chavez.

Pertemuan Chavez dan Obama membuka lembaran baru bagi hubungan kedua negara, yang selalu diwarnai pasang surut. Sebelumnya, AS dan Venezuela bersitegang setelah Chavez mengusir dubes AS September 2008 terkait dengan polemik kegiatan AS di Bolivia, tetangga dekat Venezuela. Saat itu AS masih diperintah George W. Bush. Washington pun tak mau kalah, mengusir dubes Venezuela.

Namun dalam pertemuan akhir pekan lalu, Chavez dan Obama terlihat berbincang dengan akrab. Bahkan Chavez memberi sebuah buku kepada Obama. Hubungan kedua negara selalu mengalami pasang surut sejak Chavez memerintah Venezuela akhir dekade 1990-an.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Chavez menyatakan diri sebagai sahabat terdekat Kuba, yang hingga kini berseteru dengan AS. Sejak saat itu Chavez ikut mengkampanyekan sentimen anti kebijakan Washington di kawasan Amerika Latin.       


 
 

Ilustrasi jenis sabu.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

– Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Malang berhasil membongkar praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024